Menikah dengan Sepupu Tingkatkan Resiko Cacat Lahir

Menikah dengan Sepupu Tingkatkan Resiko Cacat Lahir

0 123

Menikah dengan orang yang masih memiliki hubungan darah, dalam penelitian ini adalah sepupu, diketahui bisa meningkatkan risiko memiliki anak dengan kelainan hingga dua kali lipat. Meski begitu, angka kemungkinan terjadinya kelainan saat lahir pada anak masih tergolong rendah.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan pada komunitas penduduk Pakistan yang ada di Inggris. Menikah dengan sepupu adalah hal yang wajar dilakukan. Hal ini juga diperkirakan menjadi penyebab 30 persen kelainan pada bayi yang lahir di sana.

Peneliti menjelaskan bahwa hasil penelitian ini penting sebagai bukti dan bisa digunakan untuk memberikan pembelajaran pada masyarakat mengenai risiko yang bisa mereka dapatkan karena kebiasaan tersebut.

Cacat lahir bisa beraneka ragam, mulai dari masalah ringan seperti kelebihan jari tangan atau kaki, hingga masalah yang berbahaya dan fatal seperti adanya lubang pada jantung atau kelainan pada perkembangan otak.

“Menikah dengan sepupu bisa meningkatkan kemungkinan cacat lahir dari tiga persen menjadi enam persen. Meski begitu, angka ini masih cukup kecil,” ungkap Eamonn Sheridan, dari University of Leeds, seperti dilansir oleh Reuters (03/07).

Sheridan menambahkan bahwa hal ini berarti masih ada kemungkinan sekitar 96 persen bahwa bayi yang dilahirkan oleh pasangan yang memiliki hubungan sepupu terlahir baik-baik saja dan tidak mengalami kelainan. (merdeka)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini