Home Berita Terkini Gaji Anggota DPR Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia, Jauh Melebihi Inggris, Jerman...

Gaji Anggota DPR Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia, Jauh Melebihi Inggris, Jerman dan AS

0 3

Gaji anggota DPR di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Gaji anggota DPR di Indonesia hanya kalah dari Nigeria, Kenya, dan Ghana, namun jauh melebihi anggota DPR di negara maju anggota G8 seperti Inggris, Jerman, Prancis, Jepang dan Amerika Serikat.

Peringkat ini disusun bukan berdasar jumlah tetapi berdasar perbandingan gaji dengan pendapatan per kapita penduduk. Data gaji anggota DPR itu dirilis oleh Independent Parliamentary Standards Authority (Ipsa) dan Dana Moneter Internasional (IMF). Data ini juga dimuat majalah Economist edisi 20-26 Juli 2013.

Dari data tersebut, Nigeria menjadi negara dengan gaji anggota DPR paling besar di dunia, yaitu 116 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Di urutan kedua, negara Kenya dengan pendapatan anggota DPR-nya 76 kali lipat dari pendapatan per kapita warga Kenya per tahun. Disusul di peringkat ketiga ada Ghana dengan pendapatan anggota legislatifnya 30 kali lipat lebih besar dari pendapatan per kapita penduduk Ghana.

Sementara Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah gaji anggota DPR-nya 18 kali lipat dari pendapat per kapita rata-rata penduduk Indonesia. Data Ispa, gaji anggota DPR di Indonesia per tahun adalah USD 65.000. Dengan pendapatan per kapita dari data terakhir IMF yaitu USD 3.582, diketahui gaji anggota DPR di Indonesia adalah 18 kali pendapatan per kapita penduduk.

Di Amerika Serikat, gaji anggota parlemen berkisar 3,5 kali pendapatan per kapita penduduk. Demikian juga dengan gaji anggota DPR di Jepang, berkisar 3 kali pendapatan per kapita penduduknya.

Sementara gaji anggota DPR di Jerman berkisar 3 kali pendapatan per kapita penduduknya, sementara di Prancis berkisar 2 kali pendapatan per kapita penduduknya. Di Malaysia, gaji anggota parlemen mencapai USD 25.000 per tahun, sekitar 2,5 pendapatan per kapita penduduknya.

Gaji yang berlipat-lipat dari pendapatan per kapita penduduk tampak di negara-negara Afrika. Sejumlah 4 negara Afrika menduduki peringkat teratas. Di Kenya misalnya, gaji anggota DPR mencapai USD 74.500 per tahun. Padahal pendapatan per kapita penduduknya hanya sekitar USD 1.000 per tahun. Dengan gaji wakil rakyat 76 kali pendapatan per kapita, tak ayal protes sering muncul dari rakyat.

Awal tahun ini demonstran membakar 221 peti mati di depan gedung wakil rakyat di Kenya. Mereka tak terima wakil rakyat makan uang rakyat begitu besar tetapi kerja tak becus.

Ini rincian gaji anggota DPR di Indonesia, terbesar ke-4 sejagat

Data Independent Parliamentary Standards Authority (Ipsa) dan Dana Moneter Internasional (IMF) terbaru, Indonesia berada di peringkat keempat dengan gaji anggota DPR paling besar di dunia. Data ini juga dirilis majalah Economist edisi 20-26 Juli 2013.

Berapa sebenarnya gaji anggota DPR di Indonesia hingga menjadi salah satu terbesar sejagat. Menurut data yang kami peroleh, seorang anggota DPR yang duduk di kursi legislatif itu setiap bulannya mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 15.510.000 ribu. Sementara mereka juga masih mendapatkan tunjangan listrik Rp 5.496.000 ribu, tunjangan aspirasi Rp 7.200.000 ribu, tunjangan kehormatan Rp 3.150.000 ribu, tunjangan komunikasi Rp 12 juta, dan tunjangan pengawasan Rp 2.100.000 ribu.

Apabila ditotal, jumlah bersih yang diperoleh seorang anggota DPR tiap bulan yakni Rp 46.100.000. Sehingga setiap tahunnya para anggota DPR mengantongi gaji sebesar Rp 554 juta. Asumsi ini tak berbeda jauh dengan data Ipsa dan IMF yang menyebut gaji anggota DPR di Indonesia USD 65.000 per tahun.

Jumlah Rp 554 juta per tahun di atas itu belum termasuk dengan gaji ke-13, dana penyerapan dan upah ikut serta dalam sidang yang digelar DPR. Gaji ke-13 yang diterima anggota setiap tahunnya sebesar Rp 16.400.000, dana reses atau aspirasi dapil yang didapat sebesar Rp 31.500.000.

Selain itu, dalam satu tahun sidang, ada empat kali reses. Jika ditotal, selama satu tahun dana reses totalnya sekitar Rp 118.000.000. Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu dana intensif pembahasan rancangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000 setiap kegiatan serta dana kebijakan intensif legislatif sebesar Rp 1.000.000 setiap Rancangan Undang-Undang (RUU).

Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir Rp 1 milyar. Pada tahun 2007, data yang diperoleh setiap anggota DPR menerima uang sedikitnya Rp 787.100.000 tiap tahun.

Merujuk pada data Ipsa dan IMF, Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah gaji anggota DPR-nya 18 kali lipat dari pendapat per kapita rata-rata penduduk Indonesia. Data yang dirilis Ispa, gaji anggota DPR di Indonesia per tahun adalah USD 65.000. Dengan pendapatan per kapita dari data terakhir IMF yaitu USD 3.582, diketahui gaji anggota DPR di Indonesia adalah 18 kali pendapatan per kapita penduduk.

Nigeria menjadi negara dengan gaji anggota DPR paling besar di dunia, yaitu 116 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Di urutan kedua, negara Kenya dengan pendapatan anggota DPR-nya 76 kali lipat dari pendapatan per kapita warga Kenya per tahun. Disusul di peringkat ketiga ada Ghana dengan pendapatan anggota legislatifnya 30 kali lipat lebih besar dari pendapatan per kapita penduduk Ghana.

Data ini tentu menjadi jumlah yang mencengangkan, jika dilihat dari masih banyaknya penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 saja, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 28,07 juta orang atau 11,37 persen dari seluruh penduduk Indonesia. (merdeka)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini