Otak Atlet Lebih Encer Dibanding Orang Biasa

Otak Atlet Lebih Encer Dibanding Orang Biasa

0 217

Kebanyakan orang beranggapan bahwa atlet hanya memiliki kelebihan di bidang fisik, namun tidak dalam bidang kognitif. Padahal kenyataannya tak demikian. Atlet profesional bisa mempelajari suatu hal lebih cepat dibandingkan dengan mahasiswa, ungkap penelitian.

“Para atlet bisa sangat fokus pada waktu yang singkat. Hal ini membuat kemampuan belajar mereka di atas rata-rata,” ungkap peneliti Jocelyn Faubert dari University of Montreal School of Optometry.

Penelitian ini mengamati 102 atlet profesional, 173 atlet amatir, dan 33 mahasiswa yang tidak menjadi atlet. Partisipan diminta untuk mengikuti benda bergerak di monitor. Mereka sama sekali tak diperbolehkan menggunakan kemampuan fisik. Tes ini diulangi hingga 15 kali selama lima hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa para atlet memiliki hasil tes yang lebih baik. Selain itu mereka juga bisa mempelajari hal baru lebih cepat dibandingkan para mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan olahraga.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan atlet tak hanya dibatasi pada bidang olahraga, karena tes ini bersifat netral dan tak ada hubungannya dengan hal berbau atletik.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa hal luar biasa pada atlet profesional adalah kekuatan mental mereka,” ungkap Faubert, seperti dilansir oleh NY Daily News (01/02).

Meski begitu, penelitian ini tak bisa menunjukkan apakah kemampuan belajar ini didapatkan atlet melalui latihan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa bagian otak para atlet akan lebih tebal ketika mereka semakin sering berlatih. (mdk)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini