Malas Cuci Motor, Kampas Rem Cepat Habis!

Malas Cuci Motor, Kampas Rem Cepat Habis!

0 132

Hujan memang sudah mereda, walau sekali-kali awan mendung masih mengintip. Cuaca yang kerap berubah kadang membawa penyakit malas bagi para pengguna motor, khususnya untuk mencuci tunggangannya. “Nanti dicuci malah kena hujan lagi,” demikian kira-kira gumam sejumlah biker.

Namun tanpa disadari, komponen yang dekil dan kotor justru membuatnya lekas aus dan habis masa pakainya. Salah satunya adalah komponen fast-moving yang selalu diganti dalam jangka waktu tertentu, seperti kampas rem.

“Harusnya kalau habis hujan, langsung dibersihin. Pasir-pasir yang nempel di kampas dan piringan cakram bikin kampasnya cepat habis,” ujar Toto dari bengkel Suzuki di bilangan Jakarta Selatan.

Hal ini terutama terjadi di kampas depan yang lebih sering terpapar kotoran karena berada di bagian paling depan sepeda motor. Kampas rem pun ada beberapa tipe. Tipe semi-metalik sangat tahan lama, punya transfer panas sangat baik walau cepat aus.

Ada pula tipe non-asbes organik yang lebih lunak tidak bunyi walau juga cenderung lebih cepat habis. Contoh lainnya adalah non-asbes organik dengan kandungan metal rendah yang punya keunggulan sama dengan non-asbes organik tetapi lebih berisik dibanding kampas rem non-asbes reguler.

Tipe terbaik berbahan keramik dengan kampas yang bersih dan tidak bunyi dan tidak merusak rotor. Namun, harganya lebih mahal dari kampas jenis lain. (kpl/why/vin/mdk)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini