5 Tes Kesehatan Penting Untuk Wanita

5 Tes Kesehatan Penting Untuk Wanita

0 167

Ada banyak penyakit yang tiba-tiba saja merusak tubuh tanpa pernah menyebabkan gejala. Itulah sebabnya pemeriksaan medis sangat pentingnya, setidaknya sekali setahun. Apalagi jika gaya hidup kita tidak sehat.

Nah, berikut ini adalah tes kesehatan yang penting dilakukan oleh wanita  menurut MedicMagic.

Mamografi

Jika Anda adalah orang yang memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara (memiliki riwayat keluarga), disarankan untuk melakukan mammografi dari usia 40 tahun. Selain mammografi, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulannya untuk mendeteksi dini adanya kelainan pada payudara.

Tes tiroid

Berat badan turun walaupun nafsu makan meningkat, cemas, berkeringat, bengkak di pangkal leher, adalah gejala penyakit hipertiroid. Wanita lebih mungkin mengidapnya daripada pria. Hipertiroidisme bisa serius jika tidak diobati. Komplikasinya termasuk masalah jantung. Penyakit ini bisa dideteksi dengan tes darah.

Pap smear

Pap smear dimulai dari usia 21 tahun, kecuali Anda sudah berhubungan suami isteri sebelumnya. Setiap wanita disarankan untuk melakukan tes pap smear untuk mendeteksi tanda-tanda kanker serviks.

Tes mata

Jika Anda menggunakan kacamata atau lensa kontak, kunjungi dokter mata setiap tahunnya untuk pemeriksaan berkala. Wanita lebih rentan terhadap gangguan mata, seperti sindrom mata kering atau penyakit autoimun yang mempengaruhi penglihatan.

Tes darah

Setelah tes darah dasar untuk menentukan kadar kolesterol pada usia 20, setidaknya ulangi tes ini pada usia 40 tahun. Periksakan kolesterol dan gula darah karena risiko penyakit jantung dan diabetes meningkat dengan bertambahnya usia.

Sudahkah Anda memeriksakan kesehatan Anda? (intisari)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini