Waspada Banjir, Siapkan Stok Makanan Ini!

Waspada Banjir, Siapkan Stok Makanan Ini!

0 97

Banjir melanda Jakarta, semua akses jalan tertutup. Tak hanya masalah keuangan yang terhambat, tapi juga urusan perut. Pasalnya, hujan yang tiada henti membuat kita malas untuk keluar rumah untuk berbelanja atau beraktivitas.

Rasa lapar yang terus hinggap hanya akan berujung pada masalah kesehatan. Nah, agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya Anda sediakan stok makanan di dalam lemari, seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”. Dengan adanya stok makanan, Anda tidak akan repot mengatasi urusan perut.

Melansir Nutrition.about.com, perut yang terisi dengan baik akan berdampak pada sistem imun. Masuk angin, demam, dan flu akan mudah untuk dihindari. Yang terpenting adalah pastikan Anda menyimpan makanan yang kaya protein, karbohidrat dan lemak, seperti di bawah ini:

1. Waspada listrik akan padam. Pilihlah makanan yang memiliki umur simpan panjang tanpa harus disimpan di kulkas. Sebagai pilihan, Anda menyimpan kacang-kacangan yang tinggi protein dan dapat disimpan dalam waktu lama, baik dalam bentuk kalengan atau kering. Di samping itu, kacang-kacangan juga merupakan salah satu bahan yang mudah dimasak dalam menjadi makanan variasi bentuk apa pun.

2. Makanan kalengan juga tidak boleh dilewatkan. Hal ini dikarenakan makanan kalengan tidak perlu disimpan di dalam lemari es. Waktu penyimpanan pun relatif lama, sekitar 4 hingga 6 bulan. Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kemasannya. Sediakan juga pembuka kaleng di dekat lemari penyimpanan agar tidak repot mencarinya.

3. Untuk sumber protein, telur menjadi pilihan tepat. Meski memiliki kebiasaan menyimpan telur dalam kulkas, sebenarnya telur bukanlah bahan pangan yang awet dalam suhu dingin. Menyimpan telur dalam suhu ruang lebih baik dan tidak mudah rusak.

4. Beras menjadi makanan wajib yang ada di rumah. Tapi, Anda juga jangan lupa untuk menyimpan makanan karbohidrat lainnya untuk variasi, agar tidak bosan. Seperti roti, pasta, kentang, dan umbi-umbian.

5. Nama mi instan memang jauh dari kata sehat. Namun, mi bisa menjadi solusi perut di kala genting. Praktis dan juga sumber karbohidrat.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini