Tips Aman dari Kejahatan bagi Wanita

Tips Aman dari Kejahatan bagi Wanita

0 181
Tips Aman dari Kejahatan bagi Wanita

Wanita kerap menjadi sasaran tindak kejahatan. Kemampuan mempertahankan diri yang rendah dan  kekuatan fisik yang lebih lemah dari pria, menjadi alasan penjahat untuk melakukan aksinya. Kejahatan mulai dari penjambretan, perampokan, hingga pelecehan seksual dengan mudah menimpa wanita.

Dikutip dari Times of India, cara berikut ini bisa dilakukan untuk menghindari atau melakukan perlawanan ketika harus berhadapan dengan penjahat:

  1. Percayai insting Anda. Mungkin insting Anda tidak sama pekanya dengan milik Spiderman dalam mendeteksi serangan. Tapi, jika sinyal insting Anda mengatakan kemungkinan terjadi tindak kejahatan pada Anda, lebih baik ikuti saja sinyal itu baik untuk kegiatan yang Anda lakukan atau daerah yang hendak dilewati.
  2. Bawalah semprotan merica atau cabe. Jika ada orang yang hendak berbuat jahat pada Anda, semprotkan cairan ini sebisa mungkin ke arah mukanya untuk menimbulkan efek pedih di mata. Anda bisa memiliki waktu untuk melarikan diri saat cairan itu kena ke mata penyerang Anda.
  3. Bekali ponsel Anda dengan aplikasi keamanan. Misalnya aplikasi yang bisa mengeluaran sinyal cahaya atau suara SOS, atau yang bisa secara otomatis mengirim pesan darurat saat Anda menekan tombol tertentu di ponsel. Aplikasi seperti ini bisa ditemukan memakai bantuan situs mesin pencari (search engine).
  4. Jika masih ada waktu luang, tidak ada salahnya mengikuti kursus beladiri. Ini membantu Anda membekali diri melawan penjahat kala harus menghadapinya dengan tangan kosong. Anda juga mendapat ilmu tentang mengatasi seranga secara mendadak.
  5. Tidak perlu ragu untuk melawannya. Perlawanan tidak berarti harus adu fisik. Anda bisa melawan dengan berteriak atau menimbulkan kegaduhan lain yang membuat orang lain seketika mengalihkan perhatian pada Anda yang sedang diserang.
  6. Kalau memilih untuk tidak berkonfrontasi, ambil langkah seribu atau lari sekencangnya untuk menghindari tindak kejahatan.
  7. Kadang penjahat melakukan aksinya dengan masuk lebih dahulu ke dalam mobil. Sebelum Anda membuka pintu mobil, pastikan dulu mobil dalam keadaan wajar dan pintu masih terkunci sebelum Anda buka. Jika ada hal mencurigakan, cobalah minta bantuan orang di sekitar Anda.
  8. Saat melakukan perjalanan ke suatu tempat yang belum Anda pahami medannya, cari dulu informasi tentang tempat tersebut termasuk dari sisi keamanan situasi di sana.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini