Semakin Sering Latihan, Orang Semakin Mahir Berbohong

    0 83

    Practice makes perfect, tampaknya pepatah ini juga berlaku untuk urusan berbohong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa lebih mahir dalam mengelabui orang lain dengan latihan yang cukup.

    Peneliti menemukan bahwa dengan rajin latihan berbohong, seseorang bisa berbohong secara otomatis dan lebih efisien. Orang sering berlatih akan semakin mudah untuk mengulangi kebohongannya dan semakin sulit untuk dideteksi apakah dia sedang berbohong.

    Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian pada 48 mahasiswa di China. Mereka diminta untuk berbohong, kemudian berlatih lagi, dan mengulangi kebohongan mereka dengan lebih cepat.

    Hasilnya, peneliti menemukan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengucapkan kebohongan berkurang pada kelompok yang melakukan latihan. Sementara kelompok yang tidak diberikan latihan berbohong merespon dengan lambat ketika mengatakan kebohongan.

    “Kami terkejut mengetahui bahwa kebohongan ternyata bisa dipelajari,” ungkap ketua peneliti Xiaoqing Hu dari Nortwestern University di Evanston, seperti dilansir oleh NBC News (24/01).

    Menurut Hu, sebenarnya seseorang akan mengalami pertentangan dalam dirinya ketika tidak mengatakan kejujuran. Namun semakin sering dia mengatakan kebohongan, pertentangan dalam dirinya semakin berkurang sehingga dia semakin mudah mengatakan hal-hal yang tidak jujur.

    Hu berpendapat bahwa berbohong pada orang lain juga sama dengan membohongi diri sendiri. Semakin sering kita membohongi diri kita sendiri, maka semakin mudah kebohongan itu diucapkan, dan semakin terlihat nyata.

    NO COMMENTS

    Tinggalkan Komentar Anda di Sini