Orang Mulai Merasa Tua Saat Usianya 59 Tahun 2 Bulan 2 Minggu

Orang Mulai Merasa Tua Saat Usianya 59 Tahun 2 Bulan 2 Minggu

0 195

Kalau ditanya umur berapa orang mulai dikatakan tua, kebanyakan orang akan menyanggah dirinya sudah tua karena merasa masih perkasa. Sebuah survei menemukan bahwa ternyata kebanyakan orang mulai merasa tua saat berusia 59 tahun lewat 2 bulan dan 2 minggu.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, peneliti mewawancarai 2.162 warga Inggris berusia 16 tahun ke atas. Seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (4/1/2013), para peserta rata-rata mempersepsi usianya mulai tua saat berumur 59 tahun.

Walau demikian, kebanyakan peserta menganggap dirinya sudah tak lagi muda saat usianya menginjak 40 tahun lebih 8 bulan dan 2 minggu. Survei yang dilakukan Departemen Pekerjaan dan Pensiun Inggris ini juga menemukan persepsi penuaan bervariasi sesuai dengan usia, jenis kelamin dan pekerjaan peserta.

Secara rata-rata, para wanita berpikir bahwa usia tua dimulai saat berumur 60 tahun 4 bulan dan 2 minggu. Sedangkan para pria berpikir usia tua dimulai saat berumur 58 tahun karena menganggap para pria cenderung lebih pendek umurnya.

Orang-orang yang berumur di bawah 50 tahun mengatakan usia tua dimulai saat usia 46 tahun. Tetapi bagi orang yang usianya lebih dari 50 tahun, usia tua dianggap baru dimulai saat berumur 62,5 tahun.

Orang yang tinggal di rumah sewa cenderung mengatakan bahwa usia tua dimulai 5 tahun lebih awal ketimbang orang-orang yang memiliki sendiri rumahnya. Para pengangguran mengatakan bahwa usia paruh baya dimulai 9 tahun lebih dini ketimbang orang yang bekerja full time.

Para pria merasa kemudaannya lebih cepat pudar ketimbang wanita, yaitu pada usia 38,5 tahun sedangkan wanita saat usia 42 tahun 9 bulan. Para peserta berusia 16 – 24 tahun meyakini usia paruh baya dimulai saat berumur 32 tahun. Sedangkan orang yang berusia lebih dari 80 tahun percaya bahwa usia paruh baya dimulai pada umur 52 tahun.

Menanggapi perbedaan usia tua ini, juru bicara Departemen Pekerjaan dan Pensiun Inggris mengatakan bahwa perbedaan persepsi mengenai usia tua menunjukkan bahwa stereotip mengenai usia diterapkan secara sangat tidak konsisten. (detik)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini