Orang Gemuk Lebih Panjang Umur

Orang Gemuk Lebih Panjang Umur

0 160

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan fakta mengejutkan. Ternyata orang gemuk lebih panjang umur ketimbang rekannya yang ramping. Para peneliti menduga hal itu dikarenakan mereka yang bertubuh subur lebih sering mengunjungi dokter daripada orang sehat. Padahal, studi kasus terhadap tiga juta orang dewasa itu juga mendapati banyak penderita obesitas kehilangan tunjangan kesehatan.

Dr. Katherine Flegal, dari National Centre for Health Statistics di AS, menyatakan risiko kematian orang-orang gemuk lebih rendah enam persen dibandingkan orang-orang dengan berat badan normal. Risiko kematian bagi mereka dengan indeks massa tubuh (body mass index/BMI) sekitar 30-35 turun lima persen.

Namun, mereka yang sangat gemuk dengan BMI di atas 35, risiko kematiannya lebih tinggi 29 persen ketimbang orang ramping pada usia yang sama. Sampel penelitian diambil dari 2,88 juta orang dan lebih dari 270 ribu kematian di AS, Kanada, Eropa, Australia, Cina, Jepang, Brazil, Israel, India dan Meksiko.

Penemuan tersebut konsisten dengan pengamatan rendahnya mortalitas di kalangan pasien gemuk dan agak gemuk. Penelitian sebelumnya menunjukkan penderita obesitas yang selamat dari serangan jantung hidup lebih lama ketimbang mereka yang bertubuh normal.

Dalam Jurnal Asosiasi Medis Amerika, para peneliti tersebut menyatakan “Alasan yang mungkin bisa menjelaskan hal tersebut mencakup presentasi awal pasien-pasien yang gemuk. Di antara mereka banyak yang telah menjalani perawatan medis optimal, efek perlindungan metabolis jantung yang meningkat berkat kenaikan lemak tubuh, serta keuntungan dari cadangan metabolisme yang lebih tinggi.”

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini