Kenali Penyebab Aneh Sakit Kepala

Kenali Penyebab Aneh Sakit Kepala

0 192

Stres, alkohol, dan mengkonsumsi makanan tak tepat dapat jadi pemicu munculnya sakit pada kepala Anda. Hal ini tentunya dapat berdampak pada ketidaknyamanan bagian tubuh lain, seperti bahu dan leher.

Namun, pemicu sakit kepala dan migrain tak melulu hanya disebabkan stres dan alkohol saja. Ada pemicu lainnya yang sering kali tidak kita sadari. Berikut pemicu aneh sakit kepala dan migrain seperti dilansir laman Prevention.

- Sakit kepala karena bau-bauan

Bagi beberapa orang akan terserang nyeri di kepala ketika sampai di pompa bensin. Ini disebabkan karena mereka memiliki kepekaan terhadap bau tertentu.

“Bau yang paling umum memicu reaksi sakit kepala adalah bensin. Namun ada pula sakit kepala karena mencium aroma tembakau atau minyak wangi,” kata penulis buku What Your Doctor May Not Tell You About Migraines, Alexander Mauskop.

Bagi Anda yang mengalami sakit kepala karena hal ini, disarankan untuk selalu sedia sebotol kecil lavender organik murni yang dapat mencegah stres dan sakit kepala karena tegang. Atau sediakan minyak mint yang mampu membantu mengurangi nyeri di kepala Anda.

- Sakit kepala karena gaya rambut

Para peneliti dari The City of London Migraine Clinic menemukan bahwa sebagian wanita mengalami ketegangan sakit kepala karena gaya rambut, seperti kuncir kuda. Menguncir rambut terlalu kencang dapat menyebabkan kulit kepala tertarik sehingga menyebabkan ketegangan dan berujung pada sakit kepala. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menguncir rambut terlalu ketat.

- Sakit Kepala karena akhir pekan

Bagi beberapa orang, kopi merupakan minuman wajib menyambut pagi. Namun ketika akhir pekan tiba, kadang kopi tak lagi dibutuhkan. Jika sakit kepala Anda muncul saat akhir pekan, kemungkinan ini merupakan akumulasi dari kafein. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda tetap bangun pada jam yang sama setiap harinya. Bahkan saat akhir pekan sekali pun.

- Sakit kepala karena layar komputer

Menurut Ketua Eksekutif National Headache Foundation, Seymour Diamond, umumnya mereka yang bekerja di balik meja otomatis berhadapan langsung dengan layar komputer. Ini dapat menyebabkan ketegangan pada mata yang berujung pada sakit kepala.

Variasi warna yang dipantulkan pada layar komputer Anda dapat mengaktifkan retina dan saraf bagian belakang mata Anda. Oleh karena itu, sebaiknya setiap jam, selama 10 menit sekali mata Anda harus diistirahatkan.

- Sakit kepala karena paparan sinar matahari

Menurut pakar medis dari Headache Clinic California Utara, Kenneth Peters, sinar matahari dapat memicu sakit kepala atau migrain. Ini disebabkan terik sinar matahari dapat mengganggu thalamus –area yang mengirimkan sinyal sakit ke tubuh– otak Anda.

Oleh karena itu sangat dianjurkan mengenakan kacamata yang terpolarisasi dengan baik serta memiliki UVA 100 persen dan perlindungan UVB.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini