Inilah Manfaat Dibalik Jari Keriput Ketika Terendam dalam Air

Inilah Manfaat Dibalik Jari Keriput Ketika Terendam dalam Air

0 105
Inilah Manfaat Dibalik Jari Keriput Ketika Terendam dalam Air

Jari keriput biasanya akan muncul ketika terkena air dalam waktu yang cukup lama, terutama ketika berenang. Ini bisa sangat menjengkelkan, tetapi jari keriput ternyata bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas di air.

Apa penyebabnya? Keriput di jari terjadi ketika pembuluh darah menyempit, yang membuat ujung jari menyusut dan kulit tertarik. Misalnya, ketika Anda sedang mencuci piring, tangan Anda pasti akan keriput sehingga lebih kesat dalam memegang piring-piring. Jadi, tangan keriput bisa menghentikan menjatuhkan piring-piring.

Tak hanya itu, jari keriput juga membuat seseorang lebih mudah memegang sesuatu di bawah air dan mengambil benda-benda yang basah, dengan mencegah Anda menjatuhkan peralatan.

“Kerutan di jari-jari dalam kondisi basah bisa membantu mengumpulkan makanan dari vegetasi basah atau sungai,” ujar peneliti Tom Smulders seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan dari Newcastle University meminta partisipan untuk mengambil kelereng yang berbobot dan memindahkannya dari satu wadah ke wadah lain. Lalu, tangan partisipan direndam dalam air hangat selama setengah jam untuk membuatnya keriput.

Hasilnya, jari keriput lebih cepat saat memungut benda basah. Dan sebaliknya, jari keriput justru sulit memindahkan barang yang kering.

Smulders menambahkan, kerutan jari kaki di kamar mandi juga bisa membantu ketika berjalan dan berlari di dasar yang licin.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Biology Letters.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini