Hidung Mendadak Sering Tersumbat?

Hidung Mendadak Sering Tersumbat?

0 255

Hidung sering tersumbat? Memang sungguh menyebalkan karena membuat kita susah bernafas dan mencium bau.

Namun, masalah hidung tersumbat selama berbulan-bulan diikuti gejala lain, seperti batuk, sakit kepala dan kelelahan bisa juga disebabkan oleh gangguan sinusitis. Sekitar empat juga kasus sinus didiagnosis setiap tahun.

Sinus merupakan rongga udara di dalam tulang tenggorokan, yang biasanya berada di sekitar pipi, jembatan hidung dan dahi. Semua bagian ini terhubung ke saluran pernafasan di hidung.

Tugas sinus adalah menyaring, menghangatkan dan melembabkan udara yang Anda hirup. Boleh dikatakan, bahwa sistem sinus juga bertindak sebagai garis pertahanan terhadap virus dan bakteri.

Rongga ini dilapisi dengan membran basah yang memproduksi lendir, mirip seperti lapisan hidung dan tenggorokan. Jika lapisan rusak, maka sinus akan terinfeksi dan menyebabkan pembengkakan.

Selain itu, ketika Anda memiliki infeksi virus akut, seperti pilek atau alergi, maka berisiko tinggi terjadi penumpukan lendir yang dapat menyumbat sinus. Akibatnya, bakteri dan virus berkembang dan terjadilah sinus akut.

Infeksi sinus dapat diringankan dengan pola makan yang sehat. Makanan yang kaya vitamin C dan E menjadi solusi mengurangi keparahan gejala flu, yang juga mirip dengan gejala infeksi sinus.

Vitamin C merupakan antioksidan penting bagi tubuh, sedangkan vitamin E membantu menaikkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya zinc juga diperlukan yang bertindak sebagai anti-virus.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini