Home Kesehatan Deteksi Diabetes Lewat Mulut

Deteksi Diabetes Lewat Mulut

0 17

Komplikasi diabetes bisa menyerang hampir seluruh organ tubuh. Salah satu yang mudah diamati melalui mulut.

Kesehatan mulut yang buruk tak hanya karena Anda malas menyikat gigi. Tetapi, bisa jadi akibat penyakit diabetes yang diderita.

Berikut tanda-tanda oral akibat meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh, seperti dilansir dalam Medicmagic (14/1).

Kerusakan gigi. Meningkatnya kadar glukosa akan memperburuk kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dengan cepat berinteraksi dengan makanan manis yang dikonsumsi, sehingga membentuk plak gigi.

Pembusukan gigi. Bagi penderita diabetes, tubuh kesulitan melawan bakteri karena penyakit ini menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, terjadi peradangan dan pembusukan gusi.

Mulut kering. Mulut kering menjadi tanda diabetes, karena berkurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan sariawan, nyeri, infeksi dan kerusakan gigi.

Infeksi jamur. Tingginya tingkat gula dalam air liur mendorong pertumbuhan jamur yang memicu terjadinya infeksi dan akan berkembang menjadi luka. Selain itu, jamur juga bisa menyebabkan luka pada lidah.

Guratan Hitam di Leher? Itu Tanda Diabetes

Foto Deteksi Diabetes Lewat Mulut  mulut leher Diabetes Deteksi ciri  Guratan Hitam di Leher

Diabetes mengancam segala usia. Penyakit ini ‘hinggap’ di anak-anak hingga orang dewasa.
Apabila Anda bingung apakah berisiko terkena diabetes atau tidak, ternyata ada cara mudah untuk mendeteksinya.
Dokter Spesialis Anak Endokrin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) mengungkapkan ada tanda-tanda fisik yang bisa dilihat dengan mata telanjang.
“Jika di tekuk leher, ketiak dan ruas jari ada guratan hitam, maka Anda berisiko tinggi mengidap diabetes. Guratan hitam ini disebut acanthosis nigricans,” jelas dr. Aman dalam diskusi Asupan Gula Tambahan serta Dampaknya pada Kesehatan dan Konsentrasi Anak di Sultan Hotel, Senayan, Jakarta (19/12). (yahoo)
Kelebihan berat badan atau memiliki tingkat insulin yang tinggi dalam darah, seperti pada diabetes tipe 2, menjadi pemicu timbulnya acanthosis nigricans. Berlebihnya jumlah insulin dapat merangsang aktivitas sel-sel pada kulit. Sehingga menyebabkan perubahan pada kulit.
“Guratan hitam ini menandakan seseorang mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin ini menjadi tanda terjadinya kondisi pra-diabetes melitus tipe 2, yaitu tahapan sebelum menjadi diabetes,” tambahnya.

Leave a Reply