Cara Alami Obati Sembelit

    0 137

    Susah buang air besar atau biasa disebut sembelit acapkali menjadi masalah untuk kebanyakan orang, terutama para pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan meja kerja. Hal itu jelas sangat mengganggu aktivitas mereka di kantor.

    Cukup banyak penyebab yang memicu munculnya sembelit antara lain, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, stres atau depresi dan aktivitas yang cukup padat, pengaruh hormon dalam tubuh (misalnya karena menstruasi), kelainan anatomis pada sistem pencernaan, dan gaya hidup dan pola makan yang kurang teratur (seperti diet yang buruk).

    Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sembelit, dilansir dari laman mindbodygreen.

    Menjauhi Makanan Kemasan

    Makanan olahan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

    Sering Berolahraga

    Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit.

    Melakukan Pijatan pada Perut

    Berikan pijatan lembut pada perut ketika sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanan dengan baik

    Banyak Minum

    Salah satu alasan sembelit adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, usus besar adalah organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehat memiliki persentase cairan yang sangat tinggi.

    Tubuh Anda juga membutuhkan cairan dari usus besar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu Anda perlu banyak minum air hingga 8 gelas per hari.

    Hindari Makanan Kering

    Makanan yang kering seperti kacang, keripik, dan biskuit dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Ketika Anda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih

    Berhentilah Ngemil

    Jangan makan cemilan dahulu sebelum makanan yang Anda makan sebelumnya telah selesai dicerna. Jika jarak antara sarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akan mengalami penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit.

    Tarik napas

    Luangkan waktu untuk menarik napas panjang, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan.

    Semoga bermanfaat! (Mario)

    NO COMMENTS

    Tinggalkan Komentar Anda di Sini