Awas! 4 Kebiasaan ini Dapat Memperburuk Diabetes

Awas! 4 Kebiasaan ini Dapat Memperburuk Diabetes

0 109
Kebiasaan ini Dapat Memperburuk Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang menyerang secara diam-diam karena tanpa gejala dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya. Orang yang telah didiagnosa diabetes juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat memperburuk diabetes.

Pasien diabetes harus mampu mengelola pemyakitnya agar tidak semakin parah. Berbagai penelitian telah mengkaitkan antara diabetes dengan risiko penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, ginjal, mata, serta masalah pada kulit dan mulut.

Diabetes dapat dikelola dengan mengubah gaya hidup seperti berhenti merokok, menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi makanan manis, dan memperbanyak aktivitas fisik. Pasien diabetes juga harus menghindari beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi diabetes.

Kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini harus dihindari agar tidak memperparah diabetes, seperti dilansir everydayhealth, Kamis (10/1/2013) antara lain:

1. Menonton TV
Sebuah studi menemukan bahwa setiap 2 jam waktu yang dihabiskan oleh pasien diabetes tipe-2 untuk menonton televisi, dapat memperburuk kondisi diabetes hingga sebesar 20 persen. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu lama berdiam diri ketika menonton televisi yang dapat membuat metabolisme tubuh bekerja lebih lambat dalam mengelola gula darah.

2. Melewatkan tidur
Ketika seseorang dengan diabetes terjaga sepanjang malam, tubuhnya akan berkeringat di malam hari dan hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Tubuh akan menjadi lelah dan otak akan lebih mudah stres yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Tidak rutin mengukur kadar gula darahnya
Pasien diabetes harus mengukur gula darahnya secara rutin untuk mengetahui apakah obat atau insulin yang dikonsumsinya untuk mengendalikan gula darah mampu bekerja dengan baik atau tidak.

4. Diet yo-yo
Diet yo-yo adalah upaya penurunan badan dengan cara yang super cepat, tetapi berat badan dapat kembali naik dengan cepat juga jika tidak dipelihara dengan baik. Naik turunnya berat badan secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang dapat memperburuk diabetes.

(vit/vit)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini