10 Macam Aromaterapi untuk Kesehatan

10 Macam Aromaterapi untuk Kesehatan

0 126

Tren aroma terapi memang sudah lama dikenal di Indonesia. Terapi ini membantu tubuh lebih relaks dan pikiran lebih tenang.

Dibandingkan terapi lainnya, aroma terapi juga tak memerlukan banyak biaya. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut beberapa aroma terapi yang memiliki khasiat bagi kesehatan seperti dilansir laman Boldsky.

1. Kopi

Bagi Anda pecinta kopi tentunya ini merupakan kabar gembira. Aroma kopi ternyata mampu menstimulasi energi dan menyingkirkan rasa lelah.

2. Lavender

Stres dan lelah setelah melakukan aktvitas seharian? Anda bisa mencoba aroma bunga lavender. Aroma ini bisa mengatasi stres serta menenangkan sistem saraf Anda. Cukup teteskan minyak lavender di atas aromatheraphy oil burner (tungku aroma terapi) dan nikmati sensasi aromanya.

3. Citrus

Aroma citrus pada jeruk atau lemon telah lama dikenal memiliki khasiat mengatasi rasa mual. Tak hanya itu aroma citrus juga membuat Anda tetap terjaga.

4. Eukaliptus

Eukaliptus merupakan salah satu tumbuhan khas Australia. Pohon yang daunnya menjadi santapan koala ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Aroma eukaliptus mampu mengatasi hidung tersumbat dan telinga yang berdengung karena udara dingin. Cukup tuangkan minyak eukaliptus pada sapu tangan Anda dan hirup aromanya secara berkala.

5. Melati

Anda mengalami gangguan sulit tidur? Sekarang, Anda tak perlu mengonsumsi pil. Hirup aroma dari bunga melati dan Anda akan lebih tenang serta tidur lebih nyenyak.

6. Mint

Selain menyegarkan dan menjernihkan pikiran Anda, aroma mint juga membantu meningkatkan konsentrasi. Bagi Anda yang tengah menghadapi ujian, tak ada salahnya mengunyah permen rasa mint saat belajar.

7. Mawar

Seperti melati, bunga mawar juga memiliki khasiat membuat tubuh lebih relaks. Bagi Anda yang sering mengalami mimpi buruk akhir-akhir ini, coba hirup aroma mawar sebelum beranjak tidur.

8. Cokelat

Tak hanya rasanya yang menggugah selera, aroma cokelat pun memiliki manfaat bagi tubuh. Aroma cokelat antara lain bisa membantu mengurangi rasa sakit dan rasa cemas.

9. Cendana

Cendana merupakan aroma yang sering digunakan untuk meditasi. Hal ini tak mengherankan karena aroma ini mampu menjernihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

10. Saffron

Saffron atau kuma-kuma adalah sebutan untuk rempah-rempah dari bunga Crocus Sativus. Aroma saffron sangat cocok bagi Anda yang tengah mengalami premenstrual syndrome (PMS). Menghirup aroma saffron bisa mengurangi stres saat PMS. (viva)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini