7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Tubuh

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Tubuh

0 172
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Tubuh

Jerawat tidak hanya menyerang wajah, tapi juga bisa di bagian tubuh yang lain terutama punggung dan lengan atas. Keberadaan jerawat ini bisa mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri saat akan mengenakan busana backless atau tanpa lengan. Membuat tubuh tampak tidak bersih karena benjolan-benjolan kecil berwarna merah, belum lagi bekas jerawat yang menghitam.

Mengatasi jerawat pada tubuh tidak sama dengan wajah. Anda perlu memperhatikan ritual mandi, pemakaian busana sampai pola makan. Ini dia beberapa tips mengatasi jerawat di tubuh, seperti dilansir Ourvanity.

1. Mandi yang Bersih
Mandi dua kali sehari dengan cara yang benar. Gosok-gosok badan termasuk di ketiak, lipatan kaki, lengan sampai bagian belakang. Pilih sabun yang mengandung glycolic acid atau yang khusus untuk kulit berjerawat. Hindari sabun atau lotion yang tinggi kadar parfumnya. Mandi dengan sabun bayi bisa membantu mengurangi iritasi kulit penyebab jerawat semakin parah.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman, mudah menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Baju yang terlalu ketat akan menyulitkan kulit untuk bernapas dan menyebabkan bakteri penyebab jerawat dan bau tidak sedap tumbuh subur. Baju berbahan katun, spandeks atau jersey cocok untuk kulit berjerawat.

3. Segera Mandi Setelah Berkeringat atau Olahraga
Setelah fitnes, olahraga atau beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, disarankan untuk segera membersihkan diri. Jerawat seringkali mudah muncul pada tubuh yang lembab karena keringat berlebih. Bila tidak bisa segera mandi, sediakan selalu tisue basah. Setidaknya cukup untuk membersihkan bagian tubuh yang rentan berjerawat.

4. Benzoyl Peroxide
Untuk mengurangi pertumbuhan jerawat, bisa menggunakan krim/gel/spray mengandung benzoyl peroxide yang bisa dibeli di apotek. Aplikasikan hanya pada bagian yang berjerawat saja. Perlu diperhatikan bila Anda memiliki kulit cenderung sensitif karena berpotensi menimbulkan iritasi atau alergi. Coba dulu di sedikit bagian tubuh. Apabila terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.

5. Cara Natural
Bila kulit Anda sensitif, buatlah ramuan ‘anti jerawat’ sendiri. Campurkan 1 sendok teh olive oil, calandula dan almond oil. Tambahkan dua tetep tea tree oil dan 1 tetes chamomile oil. Aduk hingga rata dan terapkan pada bagian yang bermasalah setiap hari.

6. Pengelupasan
Pengelupasan diperlukan untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat lebih mudah diobati. Gunakan scrub dengan butiran yang lembut, pastikan tidak membuat kulit iritasi. Jangan lupa gunakan lotion setiap habis pengelupasan. Lakukan satu kali seminggu.

7. Diet Seimbang
Pengobatan jerawat juga harus dilakukan dari dalam. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan (buah-buahan berwarna merah, hijau dan ungu), asam lemak Omega-3 (salmon, minyak zaitun, kacang-kacangan) dan perbanyak minum air putih untuk proses detoksifikasi.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini