5 Strategi Berhemat Saat Makan di Restoran

5 Strategi Berhemat Saat Makan di Restoran

0 222

Entah Anda lebih suka pizza, masakan Thailand, cheeseburger, atau kari ayam, semua orang suka makan di restoran. Namun, makan di restoran tidak perlu terlalu mahal. Berikut adalah makanan yang harus Anda beli dan apa yang harus Anda hindari untuk menjaga perut dan dompet Anda tetap penuh.

1. Berhemat dengan makan siang
Pertama, jika Anda sedang ingin mencari kesenangan dan makan di restoran, lakukanlah saat makan siang. Jangan makan malam. Banyak restoran yang memungkinkan Anda untuk memesan dari menu yang sama dengan harga yang lebih rendah, dan biasanya penawaran itu diberikan pada waktu antara siang hari hingga jam 4 sore.

Bahkan, banyak restoran yang memberikan potongan kepada pelanggan selama jam-jam tidak sibuk. Namun jika ke restoran mewah, biasanya mereka memiliki menu yang berbeda khusus untuk makan siang, dengan harga yang lebih murah.

2. Bungkus makan malam
Jika teman-teman Anda lebih suka bertemu untuk makan malam daripada makan siang, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Daripada memesan dari daftar hidangan utama, cobalah mencicipi hidangan pembuka dan memilih satu atau dua piring kecil untuk menghemat beberapa rupiah. Bergantung pada ukuran porsi di restoran tersebut, hidangan pembuka mungkin sudah cukup mengenyangkan untuk Anda.

Berbicara mengenai porsi makanan, jika Anda mendapat makanan berporsi besar, bungkus makanan tersebut jika tidak habis. Atau lebih baik lagi, mintalah pelayan untuk membawa setengah porsi makanan ke meja dan segera membungkus sisanya untuk dibawa pulang. Dengan begitu Anda tidak tergoda untuk makan-makanan itu semua, dan Anda bisa menikmatinya sisanya untuk makan siang besok.

3. Kurangi tagihan minuman Anda
Perlu Anda ketahui bahwa minuman, secara umum, benar-benar dapat menambah pengeluaran Anda untuk makan malam. Jadi jika Anda serius untuk melakukan pemangkasan tagihan, jangan memesan minuman alkohol sama sekali atau abaikan menu koktail seharga Rp100 ribu dan pesanlah air putih atau jus yang lebih murah.

Dan jangan lupakan happy hour, yang merupakan kesempatan Anda untuk menghemat 30-50 persen pengeluaran, atau gunakan penawaran beli-satu-gratis-satu. Beberapa restoran Jepang bahkan menyediakan teh hijau gratis untuk pelanggannya, itu bisa menjadi pilihan untuk berhemat.

4. Makan malam diskon
Selanjutnya, dapatkan diskon bahkan sebelum Anda berangkat ke restoran. Periksa situs-situs “deal” harian untuk mendapatkan voucher restoran setempat. Anda juga bisa mencari tahu restoran apa saja yang memiliki program diskon lewat jaringan sosial, misalnya diskon 20% jika Anda menyebut nama restoran tersebut di Twitter.

5. Cobalah kopi yang lebih ringan
Banyak dari kita yang tidak bisa melewatkan hari tanpa kafein. Secangkir latte, dibuat dengan espresso dan susu, bisa membuat Anda mengeluarkan lebih Rp50 ribu. Sebaiknya pesanlah secangkir kopi yang lebih murah. Biasanya campuran kopi dan susu memiliki harga lebih murah dibanding kopi murni yang kuat. Memang tidak terasa sama nikmatnya, tetapi Anda akan menghemat banyak, apalagi jika Anda biasa membeli kopi setiap hari.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini