Home Teknologi 4K, Istilah yang Bakal Ngetrend Tahun Ini

4K, Istilah yang Bakal Ngetrend Tahun Ini

0 14

Ultra HD adalah sebutan marketing untuk resolusi 4K atau 8K pada televisi. Baik yang lebih atau sedikit kurang dari itu.

Anda mungkin bakal sering mendengar istilah tersebut, baik dalam iklan produk televisi atau pun pameran elektronik pada tahun ini. Produsen televisi layar lebar, seperti Samsung, Sony, LG sudah berlomba-lomba membesut item andalan dengan kualifikasi hiperpiksel.

Jadi bagi yang tertarik atau berencana membeli produk TV baru beresolusi ekstrem, sepertinya perlu tahu informasi ini.

Mungkin anda telah mahfum, ukuran industri terhadap resolusi TV dengan menghitung piksel vertikal. Bila anda mendengar TV 1920×1080  maka ia disebut “1080p/1080piksel” karena mengacu pada ukuran dot vertikal.

Namun untuk resolusi 4K dan 8K, penghitungan diubah berdasar jumlah piksel horizontal. Contoh, resolusi “4K” berarti dia memiliki hitungan piksel 3840×2160.

Nama resmi jenis resolusi tinggi ini sebenarnya adalah Quad Full HD (QFHD), namun orang-orang sudah sering menyebut dan mengenalnya dengan 4K.

Penyebutan tadi berlaku pula dengan resolusi 8K–yang sebenarnya pemilik asli dan resmi dari sebutan Ultra HD atau UHD–dengan ukuran 7680×43200.

Itulah informasi yang mungkin belum atau sudah diketahui khalayak. Sering kali, pengumuman peluncuran TV terbaru lebih cenderung menggunakan istilah Ultra HD untuk mengacu pada resolusi 4K, meski kadang juga 8K. Paling tidak kini anda tahu bedanya. (republika)

Leave a Reply