15 Fakta Soal Tidur

15 Fakta Soal Tidur

0 97

Tidur merupakan hal yang sangat esensial bagi makhluk hidup. Berikut beberapa fakta tentang tidur yang mungkin belum Anda ketahui seperti dilansir dari скачивайте хром там:

  1. Ketika tidur, otak “mengisi ulang” energi untuk digunakan kembali saat terbangun. Sel-sel rusak di tubuh juga memperbaiki dirinya pada saat kita tidur. Hormon-hormon penting di tubuh juga dilepaskan, untuk menjaga metabolisme tubuh.
  2. Kebutuhan tidur berbeda di tiap usia:
    • bayi membutuhkan 16 jam tidur.
    • usia 3-18 tahun membutuhkan minimal 10 jam tidur.
    • Usia 19-55 tahun membutuhkan minimal 8 jam tidur.
    • usia di atas 65 tahun membutuhkan minimal 6 jam tidur.
  3. Laki-laki bermimpi laki-laki lain sebanyak 70% dari total mimpinya, sedangkan perempuan bermimpi laki-laki dan perempuan secara seimbang, 50-50.
  4. Kita hanya bisa memimpikan seseorang dengan wajah yang sudah kita lihat sebelumnya, entah kita mengingatnya atau tidak.
  5. 12% orang bermimpi dengan visual hitam-putih. Angka ini seharusnya berkembang, namun sejak diciptakan televisi berwarna, semakin banyak orang yang visualisasi mimpinya berwarna.
  6. Bermimpi itu normal. Justru orang yang tidak pernah bermimpi umumnya mempunyai gangguan kepribadian.
  7. Posisi tidur menentukan kepribadian Anda. Posisi yang paling umum adalah:
    • Posisi janin (41%), tidur menyamping dengan kaki lutut menekuk ke atas mendekat ke kepala. Kepribadian: cenderung kasar, namun hangat dan terbuka.
    • Posisi tegak menyamping (15%), tidur menyamping, seperti orang berdiri tegak. Kepribadian: mempunyai sifat sosial yang besar.
    • Posisi perindu (13%), tidur menyamping dengan kaki sedikit ditekuk, tangan lurus di depan dada. Kepribadian: cenderung terbuka, tapi kerap curiga akan segala hal.
    • Posisi tentara (8%), tidur terlentang seperti posisi berdiri tegak. Kepribadian: cenderung pendiam.
    • Posisi terjun bebas (7%), tidur tengkurap dengan tangan menjulur ke atas, seperti posisi terjun bebas. Kepribadian: menyenangkan dan ceria.
    • Posisi bintang laut (5%), tidur terlentang dengan tangan menjulur ke kiri dan kanan, kaki agak terbuka. Kepribadian: pendengar yang baik.
  8. Satu dari empat pasangan menikah tidur di ranjang yang terpisah.
  9. Tentara Inggris adalah yang pertama mengembangkan sebuah metode tetap terjaga selama 36 jam. Ketika lelah, mereka menggunakan kacamata khusus yang menyimulasikan terang matahari sehingga membuatnya tetap terjaga.
  10. Ketika tertidur, hanya setengah otak lumba-lumba yang turut tertidur. Separuh lainnya tetap terjaga untuk mengontrol pola pernapasan mereka.
  11. Kurang tidur membunuh Anda lebih cepat daripada kurang makan. Anda bisa bertahan dua minggu tanpa makan, tapi 10 hari tanpa tidur akan membunuh Anda.
  12. Orang buta tetap bisa “melihat” dalam mimpinya. Mereka membangun visualisasi tersebut dari emosi, suara, bau, dan sentuhan; bukan indera penglihatan mereka.
  13. Lima menit setelah terbangun, Anda akan melupakan 50% dari mimpi Anda.
  14. Setelah 10 menit, Anda akan lupa 90% dari mimpi Anda.
  15. 1 dari 50 remaja masih mengompol.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini