Tren Ponsel 2013

Tren Ponsel 2013

0 136

Menjelang berakhirnya 2012, kita telah menyaksikan banyak perubahan besar dalam dunia teknologi ponsel. Tahun ini adalah masa kebangkitan smartphone dengan prosesor quad-core seperti laptop yang diawali dengan lahirnya HTC One X dan Samsung Galaxy S3.

Kemampuan kamera dalam ponsel juga mengalami peningkatan yang luar biasa dengan kehadiran PureView dari Nokia yang mampu menyematkan sensor berukuran 41 MP ke dalam kamera ponsel.

Jadi apa yang baru di 2013? Berikut adalah prediksi ponsel teratas kami untuk 12 bulan ke depan.

Android adidaya akan hadir pada musim panas
Akan banyak teknologi baru bermunculan dalam ajang Consumer Electronics Show yang berlangsung pada Januari 2013. Sony diperkirakan akan meluncurkan smartphone quad-core pertama mereka, yang dikabarkan akan diberi nama Sony C6603 Yugi.

Perangkat ini dilengkapi layar HD (High Definition) berukuran 5 inci dengan resolusi 1080p, sebuah prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro 1.5GHz  (seperti yang saat ini digunakan dalam LG Nexus 4 dan LG Optimus G), RAM 2GB, dan sebuah kamera depan HD.

Samsung Galaxy S4 dikabarkan meluncur satu bulan lebih awal dari pesaingnya (yang diluncurkan pada Maret). Baru sedikit yang diketahui mengenai smartphone ini kecuali bahwa ponsel ini akan dilengkapi dengan layar HD berukuran 5 inci dengan resolusi 1080p, kamera 12 MP dan prosesor quad-core 2GHz. Ponsel ini diharapkan akan menjadi perangkat ponsel terbesar di 2013.

Layar lebih besar
Pada 2012 para produsen smartphone menampilkan perangkat dengan layar yang lebih besar. Samsung Galaxy S3 memiliki layar berukuran 4,8 inci dan HTC One X 4,7 inci dan menurut kabar yang beredar, pada tahun depan kita akan melihat banyak perangkat dengan layar 5 inci.

Ukuran layar tersebut mendekati kategori phablet (phone+tablet) Samsung yang mencakup Samsung Galaxy Note dan penerusnya, Note 2, yang memiliki layar berukuran 5,5 inci dan dilengkapi dengan sebuah stylus. Menyusul kesuksesan yang diraih produk tersebut, HTC dan LG dikabarkan juga akan memperkenalkan produk serupa versi mereka sendiri.

BlackBerry akan tampil kembali!
Produsen Blackberry, RIM, mengatakan mereka akan meluncurkan ponsel BlackBerry 10 mereka yang terbaru pada kuartal pertama 2013, diperkirakan antara Januari dan Maret.

Ponsel pertama dari BB10 diharapkan akan mengusung teknologi layar sentuh seluruhnya serta perangkat bar QWERTY (seperti yang dimiliki versi BlackBerry yang lebih konvensional). Menurut penglihatan sekilas, ini tampak sangat mengesankan. Dengan gerakan (atau aliran) yang intuitif, ponsel ini mudah digunakan dan bisa menjadi ajang kebangkitan kembali sang raksasa yang tengah terpuruk tersebut.

Jika RIM merilis ponselnya ke pasaran lebih awal untuk menghindari beralihnya para konsumen ke iOS atau Android, saham mereka bisa saja naik lagi. Namun jika masih terus ditunda? Bisa berakibat fatal.

Ponsel dengan fitur game multiplayer akan menjadi lebih populer 
Didasarkan pada game ponsel berbasis teknologi 3D seperti N.O.V.A 3 dan Shadowgun, perbedaan kualitas antara game ponsel dan konsol semakin tipis seiring dengan meningkatnya kemampuan perangkat grafis dan prosesor dalam smartphone dan tablet pada tahun depan. Tampaknya pada tahun depan smartphone akan tampil hal-hal di luar dugaan kita tentang definisi mobile gamer (pengguna game ponsel/tablet).

Sandingkan hal ini dengan perkembangan teknologi 4G di seluruh negeri, infrastrukstur provider 4G yang ada dalam ponsel Anda dan game multiplayer dengan kualitas konsol berpotensi menyebabkan kerugian terhadap PlayStastion dan Xbox.

Terlebih lagi, menyusul apa yang telah kami saksikan dari game seperti Kinectimals di Xbox dan Windows Phone, game tersebut tampak lebih seperti campuran game konsol dan smartphone pada 2013.

Kita lebih sering menjelajah internet daripada SMS-an
Cara kita menggunakan ponsel kita telah berubah. Smartphone menjadi lebih murah dari sebelumnya, sementara tarif akses data menjadi lebih murah. Jadi ongkos menjelajah internet akan jauh lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya.

Tahun depan popularitas layanan pesan yang menggunakan Wi-Fi atau data, akan meredupkan pesan SMS yang sudah kuno.

Para pengguna iPhone baru-baru ini memiliki akses ke iMesssage yang menggunakan WiFi untuk berkirim pesan, seperti halnya aplikasi WhatsApp Messenger, Skype, dan Facebook Chat.

Orang-orang akan menggunakan layanan gratis tersebut untuk berkirim pesan dan berkomunikasi, daripada harus mengirim SMS yang kena tarif lagi.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini