Perangkat Apple Kembali Gunakan Google Maps?

Perangkat Apple Kembali Gunakan Google Maps?

0 139

Apple sudah “membuang” Google Maps di perangkat iOS 6 selama tiga bulan terakhir. Tapi, Google dikabarkan siap merilis aplikasi pemetaan untuk perangkat Apple di iOS terbaru itu.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan ini, yang dilansir All Things D, aplikasi pemetaan tersebut akan menjadi pengganti bagi pengguna iPhone yang kecewa dengan pemetaan besutan Apple pada iOS 6.

Meski Google Maps akan tersedia untuk iOS, bukan berarti setiap orang akan langsung menggunakannya. Google Maps masih harus bersaing dengan aplikasi pemetaan lain, termasuk Apple Maps yang diinstal secara default.

Google Maps sebenarnya telah melekat di iPhone sejak smartphone itu pertama kali diluncurkan. Namun, pada September lalu, bersamaan dengan debut iOS 6, aplikasi pemetaan Google itu dibuang dari iPhone.

Apa alasan Apple menghilangkan Google Maps di iOS 6? Belum ada informasi valid mengenai ini.

Tapi, All Things D menyebut ini bermula saat Google menolak untuk memberikan navigasi suara untuk aplikasi pemetaan Apple. Google memang telah memiliki investasi yang signifikan dalam membangun arah peta belokan (turn-by-turn) untuk produk pemetaan Google pada Android maupun platform lainnya.

Adapun keputusan Apple untuk melakukan penggantian aplikasi pemetaan dinilai dilakukan pada saat yang tidak tepat. Aplikasi pemetaan Apple pun dianggap gagal, dan memiliki masalah ketidakakuratan, juga kekurangan banyak fitur penting seperti transit directions.

Akibat kesalahan pada pemetaan Apple, Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, kemudian meminta maaf secara resmi kepada pengguna. Karena permasalahan Apple Maps pula, Kepala Perangkat Lunak Mobile Apple, Scott Forstall dan Manajer Pemetaan Apple, Rich Williamson, meninggalkan Apple.

Sementara itu,, CEO Google, Eric Schmidt, telah memberi isyarat bahwa aplikasi pengganti tersebut dalam proses pengerjaan. Namun, Schmidt mencatat bahwa penggantian aplikasi harus disetujui oleh Apple.

Google belum berkomentar mengenai kembalinya Google Maps ke perangkat Apple. Demikian juga juru bicara Apple yang menolak berkomentar. (art)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini