Nanas Baik atau Buruk untuk Ibu Hamil?

Nanas Baik atau Buruk untuk Ibu Hamil?

0 152

Wanita yang sedang hamil biasanya harus menghindari sejumlah makanan. Pasalnya, jika ceroboh sedikit dalam memilih makanan bisa membahayakan janinnya. Salah satu makanan yang dilarang adalah nanas.

Sebenarnya nanas baik atau buruk untuk wanita hamil? Berikut penjelasannya seperti dikutip Boldsky.

1. Penyebab persalinan dini

Wanita hamil sering mendapat saran tidak boleh terlalu banyak makan nanas atau jus nanas. Hal ini karena nanas mengandung Bromelian yang melemahkan leher rahim. Ini yang bisa menyebabkan rahim berkontraksi.

Jika mengonsumsi nanas berlebihan, bisa menyebabkan diare. Banyak wanita yang mengeluh makan nanas bisa mempercepat persalinan sementara sejumlah wanita yang makan nanas tetap sehat hingga trimester ketiga kehamilan. Ini mungkin disebabkan bromelian umumnya ditemukan dalam nanas segar. Jika buah dikaleng atau dijus, bromelian akan hancur.

2. Keguguran

Menurut cerita, makan nanas bisa menyebabkan keguguran. Protease enzim bromelin mirip dengan papain dalam pepaya. Seperti bromelian bisa melemahkan leher rahim yang menyebabkan keguguran. Nanas yang masih hijau dan mentah dapat menginduksi aktivitas uterus dan membahayakan kehamilan yang stabil. Dengan demikian, wanita harus menghindari makan buah tropis ini, terutama selama awal kehamilan.

3. Masalah kesehatan lainnya

Makan nanas bisa menyebabkan diare dan mulas. Buah tropis yang asam bisa memperburuk mulas. Wanita hamil sering menderita heartburn dan makan nanas bisa berbahaya.

Meski nanas kaya akan Vitamin C dan memiliki enzim pencernaan yang diperlukan tubuh selama kehamilan, yang terbaik berkonsultasilah ke dokter.

Memang banyak wanita memiliki kehamilan yang sehat dan bebas masalah, bahkan setelah makan nanas selama periode kehamilan. Tapi ini bukan berarti tubuh Anda juga bisa mengambil bromelian tersebut.

Untuk amannya, konsultasikan dokter kandungan Anda dan makan buah ini dalam jumlah yang cukup. Jika Anda berada di trimester ketiga dan mempersiapkan persalinan, Anda dapat makan nanas (di bawah saran dokter) untuk menginduksi persalinan dan mempermudah bayi untuk keluar. (MEL/IGW)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini