Mimisan Pada Orang Dewasa Ternyata Berbahaya

Mimisan Pada Orang Dewasa Ternyata Berbahaya

1 289

Ketika kecil, perubahan suhu yang drastis biasanya membuat kita sering mimisan dan dianggap sebagai kondisi yang normal. Namun jika sampai beranjak dewasa Anda tetap sering mimisan, para ahli menyarankan agar Anda tidak menyepelekannya.

Seperti yang dilansir dari Third Age, mimisan pada orang dewasa bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius atau bahkan efek samping dari pengobatan.

Mimisan sendiri terjadi dalam ujung bawah hidung di septum rendah. Septum merupakan dinding semi kaku yang memisahkan dua saluran hidung yang mengandung pembuluh darah. Pembuluh darah tersebut berada di dekat permukaan yang membuatnya rentan terhadap cedera.

Jika Anda mimisan, sebaiknya duduk dengan tegak dan cubit hidung selama 10 menit untuk menahan aliran darah. Anda juga bisa mengompres hidung agar mimisan segera mereda.

Setelah mimisan berhenti, jangan menarik atau membuang napas terlalu kencang atau hidung akan berdarah lagi. Lantas apa sebenarnya yang membuat mimisan berarti kondisi berbahaya bagi tubuh?

Beberapa mimisan sebenarnya berasal dari pembuluh besar pada bagian belakang hidung. Jika manula yang mimisan, mereka mungkin menderita tekanan darah tinggi, konsumsi aspirin harian, atau gangguan darah yang lain.

Jika mimisan berlanjut selama sebulan dan sekali hidung berdarah bisa sampai 10-20 menit, sebaiknya Anda pun segera menghubungi dokter.

Selain itu, apabila metode mencubit hidung tidak membuat mimisan berhenti, bisa jadi darah berasal dari tenggorokan yang artinya ada masalah di sana. Jadi jangan sepelekan kondisi yang satu ini.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini