Mengapa Ada Kantung Mata?

Mengapa Ada Kantung Mata?

0 134

Kantung mata seringkali dihubungkan dengan sedikitnya jam tidur seseorang. Sesungguhnya ada banyak faktor terkait. Apa sajakah?

1. Usia
Kelopak mata atas dan bawah terdiri dari kulit, otot dan lemak. Seraya bertambah tua, otot-otot melemah. Kulit juga berubah karena kolagen di dalamnya rusak. Seperti diketahui, kolagen adalah protein yang memberikan struktur pada sel. Dan pada kulit, gunanya untuk memberi elastisitas. Maka, berkurangnya kolagen membuat kulit keriput dan melorot.

Di bawah kulit dan otot, penyebab utama untuk kantung mata adalah lemak. “Ketika anda beranjak tua, lemak Anda mulai terkulai,” kata Dr Melanie Grossman, dermatolog di New York.

2. Makanan
Makanan yang mengandung terlalu banyak garam – makanan asin, menyebabkan tubuh sangat sedikit menyerap air. Hal ini juga jadi penyebab kantung mata cepat terbentuk. Selain tentunya bahaya kolesterol tinggi dan pencetus penyakit lainnya karena terlalu banyak makanan mengandung garam.

3. Gen
Bila orang tua kita memiliki kantung mata, besar kemungkinan menurun karena genetika.

Jadi, kurang tidur bukan pencetus kantung mata. Perilaku ini hanya memperparah melemahnya kerja otot di bagian atas dan bawah mata kita.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini