Kontroversi Film Penangkapan Osama Bin Laden

    0 6
    Film Penangkapan Osama Bin Laden

    Meski digadang-gadang bakalan menyabet sejumlah nominasi piala Oscar, tp ternyata film garapan Kathryn Bigelow, Zero Dark Thirty mendapatkan kritik keras dari sejumlah petinggi di Amerika Serikat.

    Film yang telah tayang di bioskop pada 19 Desember lalu itu menceritakan tentang detail peristiwa tewasnya Osama Bin Laden pada 2 Mei 2011 lalu, akibat sebuah operasi militer yang ditangani oleh SEAL Team Six.

    Meski sang sutradara mendapatkan banyak pujian, tapi ternyata film tersebut tidak memuaskan tiga senator AS.

    Seperti dilansir dari CNN.com Senin (24/12), dilaporkan tiga senator AS yaitu Dianne Feinstein, Carl Levin dan mantan calon presiden AS John McCain melayangkan sebuah surat kepada pimpinan Sony Pictures Entertainment.

    “Masalah yang sangat fundamental adalah orang yang menonton Zero Dark Thirty akan percaya bahwa apa yang ia tonton itu adalah benar,” tulis ketiganya.

    Selain itu, tiga senator AS juga mengkhawatirkan jika film tersebut akan membentuk sebuah opini publik yang salah.

    “Para pembuat film Zero Dark Thirty seharusnya sadar bahwa mereka memiliki kewajiban sosial dan moral untuk memberikan fakta yang benar,” tegas ketiga senator.

    Selain tiga senator AS, keberatan juga disampaikan oleh agen intelejen Amerika Serikat atau CIA. Kepala Eksekutif CIA, Michael Morell mengatakan bahwa mereka mempermasalahkan kebenaran proses penangkapan dan eksekusi yang dilakukan oleh pasukan bersenjata AS terharap Osama Bin Laden.

    “Film ini menciptakan pandangan yang kuat bahwa teknik introgasi yang dilakukan oleh tim eksekusi adalah yang membuat keberhasilan penangkapan Osama Bin Lade, dan itu adalah salah,” tegas Morell.

    Morell juga berpendapat, bahwa film ini dapat membuka kembali luka lama yang telah dialami oleh para keluarga dari personel CIA yang telah gugur di medan perang. Sehingga secara tegas CIA tidak mengizinkan film ini beredar.

    “Kita tidak dapat mengijinkan Hollywood menayangkan memory kita ke mereka,” ungkap Morell.

    NO COMMENTS

    Tinggalkan Komentar Anda di Sini