Home Woman Kenapa Wanita Tak Boleh Melamar Duluan?

Kenapa Wanita Tak Boleh Melamar Duluan?

0 8

Selama ini, pada kebanyakan budaya dunia termasuk Indonesia, pria selalu memiliki peran utama dalam hal mengajukan lamaran. Jarang sekali, bahkan hampir tak ada wanita yang melamar pria. Kenapa? Apakah wanita tidak diperbolehkan melamar pria?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tak ada yang ingin wanita melamar duluan. Kebanyakan orang lebih berharap bahwa pria yang akan melamar, seperti dilansir oleh Huffington Post.

Hasil tersebut diketahui melalui penelitian oleh University of California yang mengamati 277 mahasiswa heteroseksual mengenai pandangan mereka terhadap siapa yang lebih baik mengajukan lamaran.

Sebanyak dua pertiga mahasiswa mengatakan bahwa mereka menginginkan pria untuk melamar. Sekitar 2,8 persen wanita mengatakan ‘sedikit’ ingin melamar. Namun tak ada partisipan, baik pria maupun wanita, yang mengatakan mereka benar-benar ingin wanita yang melakukan lamaran.

Para partisipan juga diperbolehkan menjelaskan jawaban mereka. Kebanyakan wanita mengemukakan alasan bahwa mereka takut menghadapi penolakan jika mengajukan lamaran. Selain itu, wanita yang melamar terlihat lebih kuat dibanding pria, dan ini menyalahi pandangan tradisional.

Rachael Robnett, ketua peneliti, mengatakan bahwa pria dan wanita yang masih memegang kuat tradisi lebih suka ketika pria yang mengajukan lamaran. Hal ini karena wanita masih dianggap istimewa, diperlakukan secara spesial, dan harus dilindungi.

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda setuju jika wanita yang terlebih dulu mengajukan lamaran pada kekasihnya?

Leave a Reply