Jadi, Siapakah Penemu Radio Sebenarnya?

Jadi, Siapakah Penemu Radio Sebenarnya?

0 225

Banyak orang masih memperdebatkan tentang siapakah sebenarnya penemu radio: Nikola Tesla atau Guglielmo Marconi. Kedua kubu memiliki argumen yang hebat: Tesla kuliah tentang teknologi radio pertama, tetapi Marconi adalah orang pertama yang memenangkan paten. Tapi untuk menciptakan radio, seseorang awalnya harus menemukan gelombang radio dan menemukan cara untuk mengirimkannya.

Radio adalah keturunan dari dua teknologi sebelumnya, telegraf dan telepon. Mahlon Loomis menunjukkan “telegrafi nirkabel” pada tahun 1866. Di tahun 1876, Alexander Graham Bell dan Elisha Gray secara terpisah menciptakan perangkat yang dapat mengirimkan suara melalui kawat listrik.

Hertz dan Maxwell: Menemukan gelombang

Pada akhir 1860-an, seorang fisikawan Skotlandia James Clerk Maxwell mengembangkan teori dan persamaan yang menggambarkan elektromagnetisme. Maxwell berpikir bahwa radiasi elektromagnetik, suatu bentuk energi, bergerak dalam gelombang yang berperilaku sangat mirip dengan gelombang mekanik kita lihat di laut.

Setiap gelombang memiliki panjang gelombang, amplitudo dan frekuensi. Tapi tidak seperti gelombang mekanik, yang memerlukan media seperti udara untuk bergerak melalui, gelombang elektromagnetik dapat bergerak melalui ruang hampa. Gelombang elektromagnetik juga mampu menyebarkan: medan listrik menciptakan medan magnet yang menciptakan medan listrik. Dan semua gelombang elektromagnetik bergerak pada kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Bahkan, cahaya tampak adalah salah satu sekerat spektrum elektromagnetik yang mencakup sinar-X, gelombang mikro, dan gelombang radio.

Maxwell meninggal karena kanker perut pada tahun 1879 pada usia 48. Tidak semua penemu menganggap teori-teorinya berguna. Namun, karyanya menggelitik minat seorang fisikawan Jerman Heinrich Hertz. Pada 1888, Hertz memproduksi dan mengukur gelombang radio di laboratorium, menambahkan bukti untuk ide-ide Maxwell. Hertz meninggal pada tahun 1894 pada usia 36 setelah lama sakit. Unit untuk frekuensi mengambil namanya sebagai bentuk penghormatan.

Setelah Hertz menemukan cara untuk membuat dan mendeteksi gelombang radio, tidak butuh waktu lama untuk menciptakan sistem guna mengirim dan menerima informasi melalui gelombang radio. Hari ini Anda dapat menyetel ke FM atau radio AM. Dalam sinyal (frekuensi modulasi) FM, frekuensi gelombang radio bervariasi untuk menyampaikan informasi bahwa radio Anda akan dikonversi ke suara, gelombang mekanik di udara. Di radio AM (amplitude modulation), perubahan amplitudo membawa informasi untuk membuat audio.

Nikola Tesla

Tesla lahir pada 1856. Orang tuanya etnis Serbia. Setelah lulus dari perguruan tinggi di Paris, Tesla pindah ke Amerika Serikat untuk bekerja di tempat Thomas Edison, yang akan menjadi rival profesionalnya. Di antara banyak kontribusi ilmiah, Tesla menemukan kumparan Tesla, sebuah perangkat yang dapat mengirim dan menerima gelombang radio. Dia memperjuangkan pengembangan alternating current (AC) listrik yang masih digunakan untuk menyalakan grid listrik saat ini.

Pada tahun 1893, Tesla mengadakan ceramah tentang menggunakan radiasi elektromagnetik untuk sinyal nirkabel di Philadelphia Franklin Institute. Dia kemudian menunjukkan ide dengan perahu radio kontrol di Madison Square Garden, di New York City. Dia mengajukan beberapa paten teknologi di AS pada tahun 1897 dan memenangkannya pada tahun 1900.

Guglielmo Marconi

Marconi adalah anak dari tuan tanah Italia dan ibunya seorang warga negara Irlandia. Dia membangun sebuah laboratorium di rumah ayahnya pada tahun 1895, dan mulai mengirimkan sinyal nirkabel lebih dari jarak beberapa mil. Marconi memenangkan paten pertama untuk “telegrafi nirkabel” pada tahun 1896 dan melanjutkan untuk menemukan Wireless Telegraph & Signal Company dengan sukses (kemudian berganti nama Marconi’s Wireless Telegraph Company) Tahun 1901, ia mengirim trans-Atlantik telegraf pertama. Di sisi lain, ia mendapat dukungan keuangan dari Thomas Edison dan Andrew Carnegie. (Technewsdaily/rei)

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini