5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Komputer

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Komputer

0 260

Menjual komputer Anda kepada orang lain bisa sedikit membahayakan. Terlebih jika Anda memiliki dokumen-dokumen penting di dalamnya. Oleh karena itu, NBCnews.com menyarankan Anda melakukan 5 tips berikut sebelum menjual komputer Anda.

Back up semua data-data Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah melakukan Back up semua data-data penting dalam komputer Anda. Cara paling mudah adalah dengan menyalin semua data Anda ke dalam sebuah Hard Drive Eksternal. Anda juga bisa menggunakan beberapa layanan penyimpanan virtual seperti Dropbox atau Crashplan.

Hapus Kepemilikan software Anda

Jika di dalam komputer Anda terdapat aplikasi-aplikasi berbayar, ada baiknya Anda hapus kepemilikannya pada komputer yang akan Anda jual. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak memiliki kesempatan untuk menjalankan aplikasi tersebut menggunakan lisensi yang Anda miliki.

Bersihkan seluruh isi Hard Drive Anda

Membersihkan hard drive dapat dilakukan dengan banyak cara. Anda dapat menghapus satu-satu file yang Anda miliki atau mereset ulang dengan aplikasi tertentu. Hal ini bertujuan agar informasi-informasi penting yang ada di dalam komputer yang akan Anda jual tidak dapat diakses orang asing.

Pasang lagi Operating System Anda

Setelah mereset hard drive, pastinya komputer Anda akan kosong-melompong. Instal kembali Operating System pada komputer Anda untuk memberikannya nilai tambah dalam penjualan.

Bersihkan dan rapikan

Yang terakhir, pastikan komputer Anda bersih dari kotoran dan debu. Bersihkan keyboard, layar, dan CPU Anda agar sedap dipandang. Membersihkan komputer dari debu akan menambah masa pakai dan membantu Anda untuk menarik pembeli.

Setelah melakukan tips-tips di atas, komputer Anda akan tampak prima dan siap untuk dijual. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini