Cara Jitu Atasi Dilema Saat Berbelanja

Cara Jitu Atasi Dilema Saat Berbelanja

2 246

 

Sebagian besar perempuan mengaku bahwa mereka selalu mengalami dilema untuk membeli barang yang tidak perlu saat sedang berbelanja. Meski setelah itu ada penyesalan, mereka tetap mengulanginya di kemudian hari.

“Perlu diketahui, dilema saat berbelanja itu sebenarnya muncul karena perempuan tidak tahu apa tujuan dirinya berbelanja. Maka, penting bagi para ibu untuk menentukan apa tujuannya sebelum berbelanja,” ungkap Managing Partner dari MRE Financial and Business Advisiory, Mike Rini, seperti dilansir Mother & Baby.

Menurut survei, ada beberapa faktor yang paling banyak menimbulkan dilema di dalam diri perempuan saat berbelanja. Apa saja?

Sale atau diskon

Jangan cepat tergoda diskon. Anda harus tetap jeli dan cermat, sebab tidak semua barang yang ditawarkan itu dalam kondisi bagus dan kebanyakan merupakan stok lama.

Sebelum memutuskan untuk membeli, coba tanyakan kepada diri sendiri apakah barang-barang terbebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Terapi stres

Belanja dapat menghilangkan stres, ungkapan ini tidak benar. Sebab, ketika Anda berbelanja dengan alasan untuk menghilangkan stres, berarti Anda akan melakukan pelampiasan dan godaan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan pun semakin besar.

Setelah itu. Anda malah bertambah stres karena sudah mengeluarkan banyak uang untuk sesuatu yang tidak berguna.

Karenanya, saat merasa stres, cari pilihan kegiatan lain seperti melakukan hobi yang disukai.

Implulsive purchase

Impulsif dalam berbelanja berarti tidak bisa menahan diri ketika melihat sesuatu barang yang menarik dan segera membelanjakannya. Tanpa pikir panjang.

Jika Anda memiliki sifat seperti ini, sebaiknya kurangi kebiasaan jalan-jalan di mall karena akan membuat Anda lebih sering tergoda.

Mintalah bantuan asisten rumah tangga berbelanja jika memungkinkan. Misalnya, belanja bulanan. Anda cukup membuatkan daftar belanja yang dibutuhkan dan mereka pasti akan mematuhi daftar tersebut dibanding Anda sendiri.

Membandingkan harga

Menurut Mike, membandingkan barang dan harga dari toko satu ke toko lainnya memang penting, tetapi jangan sampai membuat orang semakin bingung.

Sebelum belanja, tentukan dulu apa yang Anda butuhkan. Contohnya, jika Anda ingin membeli baju, maka tentukan warna apa yang diinginkan. Mau dipakai kemana baju itu, dan berapa budget yang dimiliki.

Karenanya, pilihan Anda dari toko satu ke yang lainnya akan semakin spesifik.

Ajakan menemani

Saat Anda tidak butuh berbelanja, sebaiknya hindari ajakan teman untuk menemaninya berbelanja. Anda harus berani tegas menolak ajakan itu.

Jika harus menemani karena terlanjur janji, tekankan diri Anda untuk tidak tergodaa membeli apa pun, bawa uang seadanya saja dan tinggalkan kartu kredit atau kartu debet di rumah.

Begitu pula sebaliknya, berbelanja dengan teman membuat Anda mudah tergoda untuk membeli barang yang dibutuhkan.

 

2 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini