Home Kesehatan Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

0 13

Hidup di Indonesia, mengeringkan pakaian dengan menjemur jelas jauh lebih hemat dibanding menggunakan mesin. Begitu pun saat musim hujan tiba. Bedanya, acara menjemur tidak dilakukan di luar ruang, tetapi di dalam rumah. Namun ternyata, cara tersebut bukannya efisien malah justru membahayakan kesehatan dan menambah pengeluaran.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Mackintosh Environmental Architecture Research Unit di Glasgow School of Art selama tiga tahun, menemukan bahwa menjemur baju di dalam ruangan dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, termasuk kesehatan keuangan.

Seperti yang dilansir dari rodale dan dailymail, peneliti menerangkan bahwa rata-rata rumah memiliki kelembapan sekitar 5-10 liter air di udara pada waktu tertentu. Dengan menjemur pakaian di dalam ruangan, kelembapannya dapat bertambah sekitar dua liter air atau meningkat sekitar sepertiga dari kelembapan pada hari biasa.

Pada orang yang menggunakan pelembut kain, bahan kimia penyebab kanker yang disebut acetaldehydes cenderung banyak terlepas di udara dalam ruangan. Bahan-bahan kimia lain yang digunakan dalam deterjen juga dapat mencemari udara. Jumlahnya meningkat seiring naiknya kadar uap air di udara.

Saat menjemur pakaian di dalam ruangan, spora jamur yang beredar 300 persen lebih tinggi dari kadar aman. Pada 25 persen rumah yang disurvei, peneliti menemukan spora jamur Aspergillus Fumigatus dalam jumlah tinggi. Jamur ini diketahui menyebabkan infeksi paru-paru pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Rumah yang lembab juga membuat pertumbuhan tungau debu jadi semakin optimal. Tungau ini diketahui dapat menyebabkan alergi dan serangan asma.

Oleh sebab itu, untuk memperkecil risiko terjadinya gangguan kesehatan, sekaligus menghemat penggunaan energi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari membuat tempat khusus atau penutup untuk menjemur pakaian di luar ruangan yang aman meski hujan melanda, membersihkan filter (saringan) mesin cuci untuk mengurangi jumlah energi yang digunakan, sampai membeli mesin cuci dengan sensor otomatis yang bisa mematikan pengering apabila telah selesai digunakan.

NO COMMENTS

Leave a Reply