7 Fungsi Penting Serat Bagi Tubuh

7 Fungsi Penting Serat Bagi Tubuh

0 154

Serat dikenal mampu melancarkan pencernaan dan mencegah Anda dari berbagai penyakit. Namun serat juga memberi khasiat lain yang tidak kalah penting bagi tubuh. Simak fungsi dari serat selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Memperpanjang usia
Sebuah penelitian membuktikan kalau seseorang rutin memenuhi kebutuhan harian serat (14 gram setiap 1.000 konsumsi kalori) memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih panjang daripada yang tidak.

Menjaga kesehatan usus
Memang tidak ada hubungan diet serat dengan risiko kanker usus besar. Meskipun demikian makan serat sesuai kebutuhan secara tidak langsung mampu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Menurunkan kolesterol
Serat larut berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang biasanya memicu penyakit kardiovaskular.

Mencegah diabetes
Diet berserat tinggi juga memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah. Sehingga seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat hariannya akan berisiko kecil terserang diabetes tipe 2.

Melancarkan pencernaan
Susah buang air besar? Tandanya Anda kurang makan serat setiap hari. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya tingkatkan konsumsi serat sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Menurunkan berat badan
Serat punya kecenderungan membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan malas makan makanan yang berserat.

Mencegah serangan jantung
Di dalam sebuah penelitian jangka panjang, mengonsumsi makanan berserat juga dikaitkan dengan mampu mencegah penyakit jantung. Penelitian tersebut juga membuktikan kalau serat berkhasiat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

Itulah fungsi penting serat bagi tubuh. Sudahkah Anda makan makanan berserat hari ini?

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini