Orang Paling Kaya di Indonesia Tahun 2012

Orang Paling Kaya di Indonesia Tahun 2012

0 118

Bloomberg Billionaires Index mengeluarkan data terbaru 200 orang kaya sejagad. Terdapat 3 pengusaha dari Indonesia yang masuk daftar itu dan menempatkan Eka Tjipta Widaja jadi orang paling kaya di Indonesia.

Selama ini pemilik kerajaan bisnis Sinar Mas tersebut memang sering masuk daftar orang kaya sejagad. Tapi jarang ditempatkan di urutan pertama karena kalah dengan pemilik grup Djarum-BCA. Namun di tahun ini kekayaan Eka Tjipta Widaja melonjak tajam hingga 67,5% yang mengalahkan Hartono bersaudara.

Dalam daftar terbaru yang akan dikeluarkan Majalah Bloomberg edisi Desember 2012 yang dilansir Jumat (2/11), Eka Tjipta Widjaja ditempatkan di urutan tertinggi mengalahkan Hartono bersaudara.

Eka Tjipta Widjaja berada di urutan 123 dengan kekayaan naik signifikan 67,5% menjadi sebesar 3,5 miliar dolar AS dibandingkan tahun 2011. Sedangkan total nilai bersih asetnya diperkirakan mencapai 8,7 miliar.

Eka Tjipta Widjaja yang berumur 89 tahun menimbun kekayaannya dari bisnis utama perkebunannya yakni Golden Agri. Pengusaha ini juga punya aneka bisnis mulai dari keuangan, rumah sakit hingga properti.

Orang kedua Indonesia yang masuk daftar Bloomberg Billionaires Index adalah Budi Hartono yang ada di urutan 134. Kekayaan Budi Hartono menurun 15,9% menjadi 1,6 miliar dolar AS dibanding tahun 2011. Sedangkan kekayaan bersihnya mencapai 8,2 miliar dolar AS.

Sumber utama kekayaan Budi Hartono berasal dari Bank Central Asia, namun pengusaha berusia 71 tahun ini juga punya bisnis besar lainnya seperti rokok Djarum, properti dll.

Sedangkan orang ketiga yang masuk daftar 200 orang terkaya sejagd versi Bloomberg Billionaires Index adalah Michael Hartono yang berada di urutan 136. Pengusaha berusia 73 tahun ini masih bersaudara dengan Budi Hartono yang juga mengalami penurunan kekayaan.

Kekayaan Michael Hartono turun 16% menjadi 1,6 miliar dolar AS dibandingkan tahun 2011. Sumber kekayaan utamanya sama seperti adiknya yakni  berasal dari Bank Central Asia serta bisnis besar lainnya seperti rokok Djarum, properti dll. Sedangkan total bersih kekayaannya diperkirakan mencapai 8,2 miliar dolar AS.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini