Minuman Energi Membuat Bodoh?

Minuman Energi Membuat Bodoh?

0 279

Anda patut berhati-hati memilih jenis minuman. Misalnya saja alkohol, soda, atau minuman berenergi. Kali ini, kami akan fokus pada minuman energi dan efek sampingnya bagi tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.

Masalah jantung
Kandungan kafein dan komposisi tidak sehat lainnya pada minuman energi adalah pemicu tekanan darah dan mempercepat detak jantung seseorang. Minuman energi juga merusak keseimbangan garam dalam tubuh sehingga dikaitkan dengan kondisi arrhythmia atau detak jantung yang tidak teratur.

Risiko keguguran
Dampak lain dari kafein dalam minuman energi juga tidak bagi bagi wanita, terutama mereka yang sedang hamil. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi sebanyak 200 miligram atau lebih kafein dalam sehari mampu meningkatkan risiko keguguran. Meskipun ada penelitian lain yang membantah pernyataan tersebut, pihak American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan wanita hamil sebaiknya membatasi konsumsi kafein sebanyak 200 miligram saja dalam sehari.

Ketergantungan
Beberapa orang dengan cerobohnya gemar mencampur minuman berenergi dengan alkohol untuk diminum. Padahal kebiasaan tersebut memicu ketergantungan terhadap alkohol lebih parah daripada biasanya.

Risiko kecanduan obat-obatan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mahasiswa tahun kedua yang suka menikmati minuman energi membuat mereka lebih banyak mengonsumsi obat-obatan tanpa resep pada tahun ketiga. Hal ini disebabkan oleh anggapan oleh anak muda kalau minuman energi dan obat-obatan tanpa resep yang sebenarnya terlarang itu dianggap aman. Padahal kenyataannya tidak sama sekali.

Membuat bodoh
Terakhir, masalah kesehatan yang ditimbulkan minuman energi adalah membuat peminumnya menjadi bodoh. Bagaimana bisa? Rupanya konsumsi kafein berlebihan membuat seseorang mengalami kerusakan kognitif otak dan berisiko besar untuk gagal saat menjalani ujian.

Sayangnya, beberapa minuman energi tidak mencantumkan berapa banyak kafein yang ada di dalamnya. Maka dari itu sebaiknya Anda lebih baik mengurangi kebiasaan menikmati minuman energi sebelum mengalami beberapa masalah kesehatan yang sudah disebutkan di atas.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini