Mengapa Pemanasan Penting Dilakukan Sebelum Berolahraga

Mengapa Pemanasan Penting Dilakukan Sebelum Berolahraga

0 98

Banyak orang yang sering melupakan pemanasan sebelum berolahraga karena bermacam-macam alasan. Padahal dengan melakukan pemanasan sebelum latihan, banyak manfaat dapat yang kita dapatkan.

Misalnya membuat tubuh yang lebih prima, menghindari kecelakaan saat berolahraga, dan konsentrasi yang maksimal. Simak alasan lainnya, seperti yang dikutip dari Boldsky di bawah ini.

1. Membunuh Zat Inersia dan Sloth yang Berbahaya bagi Tubuh
Berdasarkan ilmu fisika, tubuh dan benda memiliki sifat inersia, kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap gerak. Ketika akan memulai untuk olahraga, tubuh dalam keadaan ‘tidur’ dan tidak ingin bergerak. Oleh karena itulah, pemanasan sebelum wajib dilakukan untuk ‘membangunkan’ tubuh sebelum melakukan pekerjaan utamanya.

2. Memperlancar Sirkulasi Darah
Setelah tidur selama 8 jam sehari ataupun ketika duduk di kantor sepanjang hari, sirkulasi darah pada tubuh berjalan tidak lancar. Oleh karena itulah, lakukan pemanasan agar membantu jantung memompa darah dengan lancar ke seluruh tubuh.

3. Meningkatkan fleksibilitas
Otot akan mengencang apabila tidak digerakkan. Terutama ketika bangun tidur, tubuh akan terasa kaku dan tegang. Saat Anda ingin berolahraga, tubuh harus dalam keadaan ‘fleksibel’ yang terbaik. Oleh karena itu, pemanasan membantu tubuh kembali fleksibel sehingga dapat melakukan olahraga secara maksimal.

4. Mencegah Terjadinya Kecelakaan dalam Berolahraga
Sebelum melakukan latihan beban, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan tepat. Karena kurangnya pemanasan sebelum latihan beban, akan mengakibatkan cidera pada otot, misalnya terjepitnya urat ataupun keseleo.

5. Membangkitkan Adrenalin
Ketika melakukan aktifitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon yang dinamakan adrenalin. Adrenalin meningkatkan suhu tubuh dan membuat kita berkeringat. Ketika Anda mengalami adrenaline rush atau peningkatakn energi secara tiba-tiba, akan jauh lebih sulit bagi Anda untuk berolahraga. Oleh karena itu pemanasan dibutuhkan sebelum berolahraga untuk membantu tubuh memompa hormon adrenalin dengan lancar.

6. Lebih Fokus
Selain karena alasan-alasan yang telah disebutkan, pemanasan memiliki peran yang penting karena membantu Anda fokus dalam berolahraga. Pikiran mengatur kerja tubuh agar seimbang. Oleh karena itulah, sebelum berolahraga Anda perlu melakukan pemanasan agar pikiran dapat fokus dan berkonsentrasi dengan maksimal.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini