Home Tips Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Traveling

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Traveling

0 11

Sangat mudah untuk membayangkan liburan yang menyenangkan. Tapi, jangan sampai itu hanya dalam angan-angan saja karena persiapan yang tidak maksimal. Sebelum berangkat traveling, ada 9 hal yang wajib Anda lakukan. Apa saja ya?

Liburan yang menyenangkan pasti sudah menjadi dambaan semua orang. Hati yang tenang tanpa memikirkan apa pun menjadi salah satu faktornya. Nah, agar liburan Anda kali ini lebih maksimal, ada 9 hal yang wajib Anda perhatikan dan lakukan, seperti yang detikTravel lihat dari Smart Travel, Jumat (30/11/2012):

1. Isi penuh semua baterai gadget

Persiapkan gadget apa saja yang ingin Anda bawa. Lihatlah indikator baterainya, jika kosong maka sebaiknya Anda segera untuk mengisinya sambil melakukan persiapan lainnya. Jangan pernah beranggapan Anda bisa mengisi baterai gadget di bandara atau di tempat peristirahatan, karena di sana pasti sudah penuh dengan gadget traveler lainnya.

Perhatikan juga beberapa gadget yang akan dibawa untuk si buah hati, seperti Playstation Portable atau Nintendo DS. Isi penuh baterainya agar anak-anak bisa tenang selama perjalanan.

2. Pergi ke bank

Pergilah ke bank untuk menyiapkan uang perbekalan. Bawa saja secukupnya, tidak perlu banyak-banyak. Penting pula untuk membawa beberapa uang receh. Siapa tahu nanti Anda memerlukannya untuk memberikan tip untuk petugas di bandara atau di tempat lainnya.

Jika Anda berencana untuk menggunakan kartu debit di luar negeri, beri tahu pihak bank waktu perjalanan Anda. Hal ini biasanya dilakukan beberapa hari sebelum perjalanan, karena memakan waktu yang tidak sebentar.

3. Download aplikasi untuk menemani traveling

Saat masih di rumah atau selagi masih bisa mendapatkan sinyal yang bagus adalah saat yang tepat untuk mengunduh aplikasi di gadget Anda. Untuk menemani Anda selama perjalanan, mungkin beberapa e-book atau game yang baru bisa Anda download ke gadget Anda. Kalau sudah begini, tak ada lagi bosan selama di perjalanan.

4. Konfirmasi ke pihak maskapai dan hotel

Hal ini bisa dikatakan yang paling penting. Sebaiknya Anda menelepon pihak maskapai untuk meyakinkan jam terbang. Begitu pula ke pihak hotel untuk memastikan tersedianya kamar untuk Anda.

5. Melunaskan semua tagihan

Sebelum berangkat, ada baiknya untuk melunaskan semua tagihan, seperti rekening listrik, telepon, atau koran. Jangan sampai nanti saat Anda sedang berlibur, ada seseorang yang menelepon Anda untuk menagih tunggakan. Duh, pasti sangat merepotkan.

6. Cek cuaca tujuan berlibur

Ini tidak hanya berlaku untuk traveler yang berlibur ke luar negeri, tapi bagi semua wisatawan. Perhatikan suhu dan cuaca di destinasi tujuan. Bawa baju hangat jika di sana sedang dingin, pun sebaliknya. Jangan sampai di tempat tujuan yang panas, Anda malah membawa baju hangat yang sudah pasti lebih berat.

7. Packing

Ini adalah salah satu hal yang sudah biasa dilakukan oleh traveler, yaitu packing. Persiapkan semua barang-barang Anda dan jangan sampai ada yang tertinggal. Perhatikan barang sampai yang paling kecil. Tak ada salahnya utuk membuat list semua barang yang akan Anda bawa. Masukkan satu persatu ke dalam tas kemudian centang daftarnya di list.

8. Stop pengiriman koran

Bagi Anda yang berlangganan koran, sebaiknya telepon agen tempat Anda berlangganan. Beritahu waktu perjalanan Anda. Jangan sampai selama Anda pergi koran tetap dikirimkan dan terbuang sia-sia di depan rumah.

9. Cek kembali rumah Anda

Setelah Anda memastikan semuanya sudah beres, langkah terakhir adalah mengecek kondisi rumah. Putuskan arus listrik ke alat elektronik yang tidak terpakai. Matikan lampu dan nyalakan hanya yang perlu saja. Cek semua jendela dan lampu, pastikan sudah tertutup rapat dan terkunci dengan baik.

Leave a Reply