Flashdisk dari Kertas Kartu Nama

Flashdisk dari Kertas Kartu Nama

1 89

Pengguna perangkat komputer seringkali membutuhkan perangkat untuk keperluan berbagi data. Sementara saat ini perangkat USB drive muncul dalam berbagai variasi bentuk, hanya dibatasi pada lubang port USB saja. Padahal pengguna saat ini membutuhkan solusi berbagi data yang mudah dan sederhana.

Sebuah perusahaan solusi data sharing, Intellipaper, berencana untuk membuat suatu chip memori USB yang terbuat dari kertas yang unik dengan hadir satu paket dengan selembar kartu pos atau kartu nama, berbeda dengan USB stick yang ada selama ini.

Dengan demikian USB drive ini tidak hanya membuat ukuran USB drive menjadi sekecil mungkin, tetapi USB drive juga dapat dilipat setipis dan selembar kartu stok.

Lalu bagaimana kinerjanya?

Perangkat yang dihasilkan dapat melakukan semua fungsi sebuah flash drive normal. Nilai lebih lainnya yaitu pengguna dapat mengirimkannya mudah karena menjadi bagian dari kartu pos. Hal lainnya, mengingat drive tersebut sebagian besar terdiri dari kertas, perangkat ini bisa didaur ulang alih-alih menjadi sampah.

Intellipaper merupakan proyek Indiegogo (pengumpulan dana) untuk mewujudkan inovasi ini, perusahaan ini mengajukan pengumpulan dana US$300.000 untuk menghasilkan USB drive yang belum dinamai.

Juru bicara perusahaan, Mark Baker mengatakan perusahaan melihat drive kecil tersebut sebagai postingan berikutnya dan bahwa biaya pembuatan akan di bawah sebuah CD ReWritable (CD-RW) atau kurang dari satu dolar.

Dilihat dari apa yang ditawarkan saat ini, tampaknya Intellipaper mungkin lebih menarik untuk pengusaha kecil. Perangkat ini adalah perangkat yang jauh lebih berguna misalnya untuk sebuah toko lokal atau kantor pengacara sampai untuk memeriahkan kartu nama versi elektronik atau perusahaan buku iklan.

Aplikasi serupa, juga dilakukan oleh Walla Walla University yang sudah mengirimkan kartu pos kepada calon mahasiswa dengan drive USB di dalamnya tertanam informasi tentang kampus. Konsepnya yaitu jika Anda menerima sebuah kartu pos atau kartu nama, Anda cukup merobek sedikit kartu stok yang terdapat dalam kartu tersebut. Kartu stok itu merupakan  chip memori. Untuk menggunakannnya, pengguna setidaknya harus melipat sedikit dua kali untuk membuat drive lebih tebal dan kemudian pasang langsung ke slot USB.

Intellipaper telah mengirimkan beberapa kartu nama dan kartu pos universitas. Ternyata tidak ada masalah saat memasukkan drive tersebut ke port USB pada laptop. Gambar disk juga tampak di laptop dan dapat membuka file tanpa hambatan. Sayangnya, pengguna yang telah memakai tidak dapat menguji seberapa baik perangkat ini menulis data, karena tumpukan pertama adalah read-only, seperti CD-ROM model lama.

Intellipaper juga menjual kotak tulis atau kotak baca kecil, sekitar dua inci di sebuah sisi, yang dapat menulis data ke drive sementara kotak tersebut masih melekat pada selembar kertas besar.

Perusahaan menunjukkan penggunaan Intellipaper untuk mengirim video, foto atau file besar lainnya untuk orang-orang dengan koneksi internet yang lambat atau kurang dapat diandalkan. Uniknya drive kertas ini digabungkan dengan sebuah kartu pos.

Pengguna internet di Amerika Serikat, 74 persen orang dewasa Amerika memiliki akses broadband internet melalui kabel, sekitar 6 persen masih menggunakan modem untuk online.  Perangkat ini memuat sekitar 66 MB, cukup untuk klip video pendek atau beberapa lusin foto.

Meski USB ini sangat unik, namun saat dalam kondisi basah kemungkinan akan menjadi masalah, pasalnya kertas akan menjadi lembek saat akan dimasukkan ke lubang USB.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini