Konsep Cloud-Computing Sudah Ada Sejak Tahun 50-an

Konsep Cloud-Computing Sudah Ada Sejak Tahun 50-an

0 231

Meski layanan cloud-computing atau komputasi awan baru ramai pada tiga tahun belakangan ini, namun sebenarnya konsep tersebut sudah ada sejak tahun 1950-an.

Dilansir Mashable, pada tahun 1950-an konsep ‘berbagi waktu’ sama seperti yang sama dengan cloud-computing, ternyata telah digunakan dalam dunia akademik dan perusahaan-perusahaan besar.

Beberapa klien membutuhkan akses informasi pada terminal yang berbeda. Lalu untuk menghemat uang mereka membutuhkan sebuah cara untuk berbagai pengguna untuk berbagi waktu tersebut; hal itulah yang mirip dengan cloud-computing.

Lalu pada tahun 1969, J.C.R. Licklider memperkenalkan ide dari ‘Intergalactic Computer Network’. Licklider mengembangkan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) dan berharap bahwa suatu hari nanti siapapun bisa mengakses data dan program dari manapun.

Lalu John McCarthy, bapak dari ‘intelejensia buatan’ membangun konsep ide seperti cloud, dan pertama kali menggunakan data cloud adalah untuk transaksi keuangan dan sensus.

Namun membutuhkan waktu puluhan tahun hingga konsep ‘Intergalactic Computer Network’ dari Licklider mendapat teknologi yang cocok.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini