Apa Perbedaan Windows 8, Windows RT dan Windows 7?

Apa Perbedaan Windows 8, Windows RT dan Windows 7?

0 122

Microsoft telah meluncurkan secara resmi sistem operasi Windows 8, pada Jumat (26/10/2012).

Tak seperti Windows versi sebelumnya yang memiliki banyak versi, Windows 8 hanya punya tiga versi.

Tiga versi tersebut adalah Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT. Apa perbedaan antara ketiga versi ini?

Perbedaan antara Windows 8 dan Windows 8 Pro tidak terlalu banyak bila dibanding perbedaan kedua versi itu dengan Windows RT.

Meski tampilan dari luar sama persis, namun Windows 8 dan Windows RT mempunyai perbedaan yang cukup menyolok.

Perbedaan yang paling mendasar adalah platform hardware yang didukung oleh tiap versi. Windows RT hanya dapat dijalankan di atas perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Windows RT tidak dapat di-install di perangkat dengan prosesor x86 dan x64.

Sebaliknya, Windows 8 hanya dapat dijalankan di perangkat dengan prosesor x86/x64 dan tidak bisa di perangkat berbasis ARM.

Perbedaan lainnya, di Windows RT sudah disertakan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2013 (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote).

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna perangkat Windows RT tak perlu membeli lagi paket aplikasi perkantoran tersebut. Untuk Windows 8, penggunanya harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi Office tersebut.

Meski demikian, Windows RT memiliki kekurangan yang cukup “fatal”. Aplikasi-aplikasi desktop lama dari Windows versi sebelumnya, tidak dapat digunakan di Windows RT. Pengguna Windows RT hanya dapat menggunakan aplikasi (baru) yang tersedia di Windows Store, yang jumlahnya belum terlalu banyak.

Sebaliknya, pengguna Windows 8 dan 8 Pro dapat menikmati ribuan aplikasi, baik aplikasi desktop lama maupun yang terdapat di Windows Store.

Perbedaan lain antara keduanya, dapat dilihat di tabel yang disediakan Microsoft, di bawah ini.

Foto Apa Perbedaan Windows 8, Windows RT dan Windows 7? Windows RT Windows 8 Pro windows 8 Windows 7 Spesifikasi sistem operasi Perbedaan mendukung Hardware Minimum  16333753

Apa Beda Windows 7 dan Windows 8?

Saat ini, Windows 7 memang telah menjadi sistem operasi Microsoft yang paling banyak digunakan. Dengan diluncurkannya Windows 8 pada Jumat (26/10/2012), apakah dominasi dari sistem operasi Windows 7 akan berakhir?

Bagaimanakah cara agar Windows 8 bisa menang dari Windows 7? Salah satu cara yang bisa digunakan oleh Microsoft adalah dengan “memaksa” para pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 8.

Untuk membuat para pengguna Windows 7 beralih ke Windows 8, Microsoft menyediakan beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh Windows 7.

Windows 8 memang memiliki ratusan fitur baru, seperti waktu boot yang lebih cepat, mode pesawat (semua hal yang berkaitan dengan radio, seperti WiFi dan 3G akan dimatikan saat menggunakan mode ini), fungsi copy/move/paste yang diklaim lebih baik, program anti-virus bawaan (Windows Defender dengan semua fitur Microsoft Security Essentials), menggunakan gambar sebagai password, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, fungsi “mode Windows XP” yang ada di Windows 7 sudah dihilangkan di Windows 8.

Fitur Windows DVD Maker pun sudah menghilang dari Windows 8.

Untuk melihat perbedaan antara Windows 7 dan Windows 8 dari segi fitur, silakan simak tabel di bawah ini.

Foto Apa Perbedaan Windows 8, Windows RT dan Windows 7? Windows RT Windows 8 Pro windows 8 Windows 7 Spesifikasi sistem operasi Perbedaan mendukung Hardware Minimum  8124482527 0717bbde02 z3

 (gambar: Into Windows)

Windows 8 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Sehari setelah peluncuran global pada 26 Oktober 2012, Microsoft telah menyatakan kesiapannya untuk menghadirkan Windows 8 di Indonesia.

“Sudah ada 500 retail melalui ribuan tokonya yang sudah memasarkan sistem operasi ini,” kata Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno, Sabtu (27/10/2012).

Mulai hari ini, Windows 8 Pro dalam bentuk DVD sudah hadir di seluruh Indonesia dan dapat dibeli dengan harga 69,99 dollar AS (sekitar Rp 650.000). Harga ini untuk yang akan melakukan upgrade dari Windows lama (Windows XP, Vista, dan Windows 7).

Untuk upgrade dengan cara online, konsumen yang saat ini menjalankan PC dengan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7, berhak untuk mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 39,99 dollar AS. Penawaran ini berlaku sampai dengan akhir Januari 2013,

Sedangkan, konsumen pengguna yang perangkat dengan Windows 7-nya dibeli antara 2 Juni 2012 dan 31 Januari 2013 bisa mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 14,99 dollar AS melalui www.windowsupgradeoffer.com.

Untuk merayakan kehadiran sistem operasi terbaru ini, Microsoft Indonesia menggelar “Device Day” di Mal Taman Anggrek, Jakarta, dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2012.

Ada sekitar 50 komputer, laptop, dan perangkat tablet berbasis Windows 8 yang dipamerkan di acara ini, diantaranya produk dari Acer, ASUS, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, Samsung, Sony, dan Toshiba.

“Windows 8 ini bisa dijalankan di smartphone, tablet, dan notebook dengan sistem operasi yang sama,” lanjut Andreas.

Andreas juga banyak menjelaskan kelebihan perangkat tablet berbasis Windows 8, jika dibandingkan dengan tablet lain.

“(Tablet) yang lain hanya bisa untuk entertainment, sedangkan tablet Windows 8 bisa untuk bekerja yang serius dan terproteksi,” jelas Andreas.

“Windows 8 merupakan sistem operasi buat kerja dan bermain,” tambahnya.

Bisakah Komputer Lawas Jalankan Windows 8?

Sudah tidak sabar untuk mengunduh dan meng-install Windows 8? Sebelum bergegas untuk membeli Windows 8, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap spesifikasi PC terlebih dahulu.

Untuk komputer atau laptop keluaran terbaru sudah tentu tak menjadi masalah dengan spesifikasi minimum pakai Windows 8, namun bagaimana dengan komputer lawas?

Untuk menjalankan Windows 8, sebaiknya pengguna melengkapi komputer atau laptopnya dengan prosesor 1GHz atau lebih cepat.

Windows 8 versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Untuk versi di atasnya, 64-bit, pengguna lebih baik menggunakan RAM 2GB.

Dua syarat di atas sepertinya sudah bisa dipenuhi para komputer lawas.

Namun, jika menginginkan kecepatan komputasi yang tinggi, pengguna disarankan menggunakan RAM di atas 2GB.

Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak di kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM dengan kecepatan hingga 3GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 3GB.

Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 versi 32-bit. Untuk versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB.

Ruang sebesar minimal 20 GB harus disediakan untuk instalasi Windows 8. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer-komputer lawas, yang rata-ratanya ukuran hard disk-nya sudah di atas 80 GB.

Windows 8 juga membutuhkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi, ini juga sudah bisa dipenuhi oleh kebanyakan komputer-komputer lama.

Untuk menjalankan Windows 8 dengan baik diperlukan monitor atau layar yang minimal mampu menghasilkan resolusi 1366 x 768 pixel.

Sepertinya persyaratan ini yang paling berat dipenuhi oleh pengguna yang ingin beralih ke Windows 8 karena masih cukup banyak komputer yang hanya punya resolusi 1024 x 768 pixel.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini