10 Aturan Tersembunyi dalam Pernikahan

10 Aturan Tersembunyi dalam Pernikahan

1 120

Foto 10 Aturan Tersembunyi dalam Pernikahan pernikahan kesepakatan Kawin ikatan aturan  10 aturan tersembunyi dalam pernikahan3

Tak semua aturan harus ditulis, hitam di atas putih. Beberapa aturan penting dalam pernikahan justru tak terucapkan. Apa saja aturan tersembunyi yang harus dipatuhi dalam pernikahan?

1. Jangan mengkritik orang tua atau teman pasangan
Keluarga terkadang bisa sangat menyebalkan, tetapi tak ada orang yang suka keluarganya dikritik. Jadi, berhati-hatilah ketika membicarakan keluarganya. Jangan sampai terdengar mengkritik, apalagi mencela. Hal ini juga berlaku bagi teman-temannya.

2. Serangan mantan
Apapun bentuknya, ketika tiba-tiba mantan datang dari masa lalu, sebaiknya katakan semuanya pada pasangan. Misalkan tiba-tiba Anda bertemu mantan di mall, mendapatkan pesan darinya, atau dijadikan teman di jejaring sosial. Jangan menyembunyikannya. Meski anda sudah tak punya rasa dan tak menganggapnya penting, tapi lebih baik tetap ‘laporkan’ pada suami. Setidaknya Anda tidak terlihat menyembunyikannya ketika suami mengetahuinya.

3. Jangan menggurui
Berikan dukungan, dengarkan ketika pasangan berkeluh kesah, namun jangan sampai terdengar menggurui. Berikan pasangan Anda kesempatan untuk mengambil keputusannya sendiri. Jangan membuatnya terkekang dan berbuat seolah-olah Anda yang paling tahu jalan keluarnya.

4. Jangan lakukan semuanya sendirian
Hindari untuk melakukan semua tanggung jawab sendirian. Berikan pasangan kesempatan untuk mengurusnya juga. Melakukan pekerjaan bersama-sama akan membangun kerjasama kalian sebagai tim, sekaligus membuat dia dibutuhkan.

5. Jangan ungkit masalah yang sudah selesai
Seringkali masalah yang sudah selesai diungkit-ungkit lagi untuk membela diri atau membandingkan dengan masalah yang ada. Ini adalah kebiasaan buruk. Yang sudah selesai biarkan saja selesai, dan carilah solusi lain untuk masalah yang ada sekarang. Jangan menggali-gali kesalahan masa lalu.

6. Memilih ‘peperangan’
Tak semua masalah dalam rumah tangga harus menjadi besar. Ada masalah yang memang harus dilewatkan dan dilupakan. Namun ada juga yang harus dibicarakan panjang lebar. Pilih masalah apa yang bisa diselesaikan dengan mudah, dan apa yang harus dibicarakan. Jangan membuat semua masalah menjadi besar. Selain itu, jangan memendam perasaan terlalu lama. Jika Anda tak suka, katakan saja secara lugas, beserta alasannya. Kemudian segera cari jalan keluarnya.

7. Jangan publikasikan hal pribadi
Tak semua orang ingin foto-foto pribadinya jadi konsumsi publik, seperti menaruh foto-foto anak atau liburan kalian di jejaring sosial. Sebelum mempublikasikan foto pribadi untuk konsumsi umum, sebaiknya pasangan berdiskusi, tentang apa yang boleh dibagi dan tidak.

8. Perhatikan keluarga
Terkadang karena terlalu sibuk, seseorang melupakan pasangan dan keluarganya. Jangan lakukan itu. HItunglah berapa banyak waktu yang Anda habiskan di pekerjaan dan bersama keluarga. Ciptakan aturan tentang jam kerja dan jam keluarga.

9. Jangan mudah bilang ‘cerai’
Bahkan ketika mengalami masalah besar sekalipun, jangan dengan mudah mengancam pasangan dengan kata ‘cerai’. Kata-kata tersebut bisa berdampak besar dan menyakitkan bagi pasangan. Lagipula, ancaman semacam itu tak akan berguna, dan suatu saat Anda bisa saja menyesal mengatakannya.

10. Jadikan pasangan nomor satu
Jadi yang nomor satu untuk satu sama lain akan membuat pasangan merasa berharga. Jangan bandingkan pasangan dengan teman, hobi, pekerjaan, atau lainnya. Anda dan pasangan harus menciptakan lingkaran sendiri yang lebih penting.

Itulah 10 aturan tersembunyi yang mungkin tak pernah diucapkan pasangan, namun ternyata telah menjadi aturan yang harus dipatuhi.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini