Taukah Anda ?? Bahwa Tiap Detik, 18 Orang Jadi Korban Kejahatan Cyber ~!

Taukah Anda ?? Bahwa Tiap Detik, 18 Orang Jadi Korban Kejahatan Cyber ~!

Foto Taukah Anda ?? Bahwa Tiap Detik, 18 Orang Jadi Korban Kejahatan Cyber ~! orang komputer kejahatan Hacker cyber cracker  hacksos

California – Pelopor industri keamanan komputer, Norton by Symantec, baru-baru ini merilis laporan tahunan Norton Cybercrime Report 2012 yang meneliti tentang kejahatan dunia maya. Dalam laporan yang berdasarkan 2012 Norton Study itu, disebutkan ada 18 orang korban baru dari kejahatan cyber setiap detiknya, atau 1,5 juta korban per hari.

Berbagai modus digunakan untuk mengeruk untung pribadi, dan caranya pun kian berkembang, beradaptasi dan berevolusi dari hal-hal kecil yang mungkin sering kita remehkan.

Menurut laporan tahunan Norton, angka kejahatan dunia maya saat ini diperkirakan mencapai US$110 miliar per tahun. Norton mengungkap, setiap detik ada 18 orang dewasa atau lebih dari 1,5 juta orang di dunia setiap harinya menjadi korban kejahatan dunia maya.

Tentu saja, kerugian ini berakibat pada jumlah materi yang mereka keluarkan melalui berbagai transaksi online. Menurut Norton, kerugian rata-rata yang dialami korban penipuan di Internet mencapai US$197 atau sekitar Rp1,8 juta per korban di seluruh dunia atau biaya kejahatan konsumen di dunia maya lebih dari satu minggu dapat mencukupi kebutuhan makan untuk empat orang dalam satu keluarga.

“Dalam 12 bulan terakhir diperkirakan ada 556 orang dewasa mengalami kejahatan dunia maya, hal ini melebihi dari populasi penduduk Uni Eropa. Angka ini mewakili 46% orang dewasa yang menjadi korban kejahatan dunia maya dalam 12 bulan terakhir,” demikian tulis Norton dalam laporan yang dilansir oleh website resminya.

Survei tahun ini menunjukkan adanya peningkatan bentuk baru dari kejahatan dunia maya dibandingkan dengan tahun terakhir, seperti penemuan pada jejaring sosial atau perangkat mobile.

Fakta lain juga menyebutkan bahwa 15% pengguna jejaring sosial melaporkan profil seseorang telah dibajak dan si pelaku berpura-pura menjadi pemilik akun tersebut.

“Kejahatan dunia maya mengubah taktik mereka dengan menargetkan pada pertumbuhan perangkat bergerak dan jejaring sosial dimana konsumen kurang perhatian dengan risiko keamanannya,” ujar Marian Merritt, Norton Internet Safety Advocate.

Menurut Norton, untuk mengatasi hal ini, kuncinya ada di kata sandi e-mail yang kuat. Lebih dari seperempat atau 27% orang dewasa yang sering melakukan aktivitas online melaporkan bahwa mereka mendapatkan pemberitahuan bahwa akun email yang mereka gunakan telah dibajak. Padahal beberapa akun email tersebut berpotensi untuk menjadi pintu gerbang bagi para penjahat yang mencari informasi pribadi dan perusahaan.

Secara umum, dalam studi ini mengungkap, orang sering menyimpan foto pribadi (50%), dokumen pekerjaan (42%), laporan bank (22%) dan kata sandi untuk akun online lainnya (17%) dalam e-mail.

“Akun e-mail pribadi sering berisikan kunci ke dunia online Anda. Tidak hanya penjahat yang mendapatkan segala akses ke inbox Anda, mereka juga bisa mengatur ulang kata sandi Anda untuk setiap situs online lainnya dengan mengklik link ‘forgot your password’, mencegat beberapa e-mail dan secara efektif mengunci Anda keluar dari akun Anda sendiri,” ujar Adam Palmer, Norton Lead Cybersecurity Advisor.

Ia menambahkan, melindungi e-mail dengan menggunakan kata sandi yang kompleks dan menggantinya secara bertahap, akan meminimalisir bahkan mencegah Anda dari kejahatan yang terjadi di internet.

Reff: remote utilities

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini