Jangan Abaikan Nyeri Separuh Wajah!

Jangan Abaikan Nyeri Separuh Wajah!

0 166

Foto Jangan Abaikan Nyeri Separuh Wajah! Wajah separuh nyeri  trigeminal neuralgia 50529e121b9cc1Sering terserang nyeri wajah pada satu sisi secara berulang? Waspada, itu mungkin saja sinyal Anda menderita Trigeminal Neuralgia.

Trigeminal Neuralgia merupakan salah satu penyakit langka di dunia. Penyakit muncul karena adanya penekanan pembuluh darah pada saraf nervus kranialis terbesar yang mengatur perasa wajah dimana letaknya di sekitar batang otak.

“Sekitar 10 persen kasus Trigeminal Neuralgia biasanya diderita oleh seseorang yang berusia diatas 40 tahun. Karena di usia itu, otak manusia akan mulai mengecil sehingga secara anatomi akan menyebabkan perubahan posisi organ-organ yang ada di sekitarnya,” ungkap dr. M. Sofyanto, SpBS, spesialis bedah saraf dari RS Bedah Surabaya.

Nyeri yang muncul mendadak, berat, seperti sengatan listrik, atau nyeri yang menusuk-nusuk, biasanya pada satu sisi rahang atau pipi, menjadi sinyal Anda menderita penyakit ini. Pada beberapa penderita, gusi, gigi, mata, telinga atau langit-langit mulut dapat pula terserang.

Tak heran jika banyak penderita selalu menduga gigi sebagai pemicu utamanya, sehingga memilih cabut gigi menjadi cara terbaik untuk mengobatinya. Bahkan, ada beberapa pasien mencabut keseluruhan giginya sampai ompong. Sayangnya, semua itu tak akan mampu menghilangkan rasa sakit.

Dokter Sofyanto menjelaskan trigeminal neuralgia muncul bukan karena gigi, stres, kelelahan ataupun kecemasan pada penderita.

Gangguan psikis berupa cemas, tegang dan sebagainya hanya akan memperparah reaksi. Semakin cemas, maka denyut pembuluh darah yang menekan saraf akan makin kuat sehingga otomatis reaksi pada wajah penderita akan semakin parah.

Untuk mengatasinya, penderita bisa melakukan teknik operasi microsurgery, yakni memisahkan pembuluh darah yang menekan saraf trigeminus kemudian menempatkan bahan penyekat serabut teflon agar tidak tertekan kembali.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini