Home Tips Apa yang Seharusnya Dilakukan Bila Digigit Anjing?

Apa yang Seharusnya Dilakukan Bila Digigit Anjing?

1 18

Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Rabies disebut juga penyakit anjing gila.

Gejala rabies biasanya mulai timbul dalam waktu 30-50 hari setelah terinfeksi. Masa inkubasi virus hingga munculnya penyakit adalah 10-14 hari pada anjing tetapi bisa mencapai 9 bulan pada manusia.

Bila disebabkan oleh gigitan anjing, luka yang memiliki risiko tinggi meliputi infeksi pada mukosa, luka di atas daerah bahu (kepala, muka, leher), luka pada jari tangan atau kaki, luka pada kelamin, luka yang lebar atau dalam, dan luka yang banyak. Sedangkan luka dengan risiko rendah meliputi jilatan pada kulit yang luka, garukan atau lecet, serta luka kecil di sekitar tangan, badan, dan kaki.

Tak ada yang mengharapkan putra atau putri bahkan Anda sekalipun tertular virus mematikan, rabies. Namun, bila terjadi pada salah satu anggota keluarga, apa yang harus Anda lakukan?. Setelah digigit anjing, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Cuci luka gigitan menggunakan sabun atau air setidaknya selama 10 menit.

2. Gunakan antiseptik, yodium iodine, atau alkohol.

3. Segera periksakan diri ke doktor dan minta suntikan rabies, agar Anda tak terkena rabies.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak melakukan hal di bawah ini saat Anda digigit anjing.

1. Saat membersihkan luka gigitan, sebaiknya jangan menyentuh luka dengan tangan kosong.

2. Jangan gunakan kunyit atau cabai pada luka gigitan.

3. Jangan berikan kopi, lemon, tanah, minyak, obat herbal, kapur, atau daun sirih pada luka.

4. Jangan menutup luka dengan perban, dan jangan menjahit luka gigitan anjing.

Empat hal di atas yang harus diperhatikan ketika Anda digigit oleh anjing. Sebelum digigit, ada baiknya Anda selalu menghindari kontak mata bila bertemu dengan anjing liar di jalan. Jangan mengganggu anjing yang sedang tidur, makan, atau mengunyah tulang.

Selain itu, jangan memunggungi anjing dan berlari, karena anjing akan cenderung mengejar dan menggigit saat melihat Anda berlari. Sebaiknya Anda berjongkok ketika anjing menyalak dan akan mengejar Anda. Karena biasanya anjing merasa takut mengira Anda mengambil batu atau sejenisnya untuk melawannya.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini