UPS IDC Duren 3 Meledak, Situs Lokal Down!

UPS IDC Duren 3 Meledak, Situs Lokal Down!

5 102

Beberapa media dan situs online di Jakarta tidak bisa beroperasi pada malam ini. hal itu disebabkan imbas dari ledakan perangkat UPS (Uninterruptible power supply) di Indonesia data center (IDC) Duren 3, Jakarta.

Indonesia Data Center Duren III Jakarta dikabarkan mengalami Kebakaran Minggu malam ( 12/8 ) pada pukul 21.00 WIB. Data center yang berlokasi di Kawasan Cyber Building 7th floor. Jl. Kuningan Barat No.8 Jakarta ini mengalami Kebakaran di Lantai II gedung tersebut. Hal ini diakibatkan meledaknya UPS ( Uniinterruptible Power Supply ) dilantai II Minggu malam waktu setempat. Menurut sumber yang berada dilokasi, Titik api pertama kali dilihat di Lantai II Cyber Building ( IDC Duren III ) dan membesar hingga berita ini diturunkan. Pihak keamanan gedung pun segera merelokasi karyawannya dan segera meng isolasi ruangan digedung tersebut yang belum terbakar. Saat ini, Puluhan Mobil Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dikerahkan kelokasi.

Pihak IDC Duren III sampai detik ini masih terus melokalisir kebakaran di lantai II gedung tersebut dibantu oleh pemadam kebakaran DKI Jakarta. Hal ini memang sempat mengejutkan karyawan gedung tersebut mengingat digedung tersebut adalah Salah satu Jantung Data Center di Indonesia.

Setelah kejadian tersebut, dikabarkan akses server IIX Lokal yang menempatkan Servernya di IDC Duren III mengalami gangguan serta beberapa diantaranya offline. Di Akun Twitternya, DetikCom mengabarkan telah terjadi kebakaran di Indonesia Data Center ( IDC ) Duren III yang menyebabkan Portal Berita Nasional tersebut offline.

“Jam 9 semua situs offline yang pasang hosting disana. Jaringan IIX lewat OPENIXP,” tulis informasi pesan yang dari BlackBerry Messanger

Selain detik, beberapa portal berita dan website nasional menyampaikan klarifikasinya beberapa menit setelah terjadi kebakaran. Diantaranya adalah Indowebster, Kapanlagi, Indogamers, Maknyos, blogdetik com, Okezone, idc.co.id, Mytrans dll. Bahkan katanya beberapa game online pun tidak dapat diakses seperti Gemscool, sampai-sampai web PPC Premium IdBlognetwork pun lumpuh dibuatnya.

Berikut adalah konfirmasi yang disampaikan pihak IDC Duren III

Dear *******, kami mendapatkan informasi bahwa terjadi kebakaran UPS di datacenter IDC – Duren Tiga. Saat ini sedang dilakukan pemadaman listrik di datacenter yang secara langsung berimbas pada seluruh server yang berada disana dan juga kepada ISP yang memiliki router utama disana.
Saat ini kami juga menunggu dan mengikuti seluruh update dari pihak datacenter.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Cek hashtag twitter ‘idc’, ‘duren tiga’, mengenai insiden ini

 

Foto UPS IDC Duren 3 Meledak, Situs Lokal Down! ups terbakar meledak IDC Duren Tiga data center  Detik Down

5 COMMENTS

  1. oalah kebakaran toh ternyata, pantesan dari tadi malem ampe skrng kaga bisa kebuka. Dirumah kaga bisa eh nyoba di warnet sama aje. gw pikir ada yg salah di komputer gw, eh ternyata. Semoga cepet beres degh buat web-webnya…Amiin. Biar bisa baca info2 disana dan donlod.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini