Perlukah Memberi Komentar di Blog?

Perlukah Memberi Komentar di Blog?

0 142

Terkadang setelah bersusah payah menulis suatu konten menarik di blog, kita hanya sekedar mengamati pertumbuhan jumlah kunjungan dan komentar dari orang lain.

Begitu pula dengan post dari blog orang lain, kita terlalu malas untuk memberikan komentar meskipun artikel tersebut bermanfaat.

Sebenarnya, ada beberapa hal berguna yang terlewat apabila kita mengacuhkan fitur komentar ini. Simak penjelasan yang dikutip dari Social Media Today tentang alasan mengapa meninggalkan komentar itu penting:

Umpan balik

Komunikasi adalah kunci dari blogging. Tentunya hal ini akan semakin baik apabila terjalin dialog. Pemilik blog akan tahu apa yang dipikirkan para pembacanya, sehingga akan memberikan artikel lain sesuai keinginan pembaca. Diskusi yang terjadi juga akan memberikan ide-ide baru untuk dijadikan bahan tulisan berikutnya.

Konten tambahan ‘gratis’

Diskusi yang terjadi juga akan melahirkan berbagai konten tambahan dari para pembaca, seperti tips tambahan atau sudut pandang lain yang akan memperkaya konten kita.

Citra diri meningkat

Meninggalkan komentar berkualitas di blog orang lain maupun blog sendiri akan membuat Anda terlihat ahli di bidang tersebut. Orang akan mengunjungi blog Anda untuk mencari info lebih lanjut mengenai topik yang Anda komentari dan mereka akan setia berkunjung jika konten Anda juga sama berkualitasnya.

Bikin penasaran

Orang akan tergoda untuk membaca konten yang banyak memiliki komentar. Manfaatkan efek ‘rasa ingin tahu’ ini dengan meningkatkan jumlah komentar melalui cara membalas setiap komentar yang masuk.

Semakin terkenal

Popularitas memang tidak muncul secara instan, namun perlahan tapi pasti banyaknya komentar akan meningkatkan ranking blog Anda di mesin pencari seperti Google karena komentar akan meningkatkan jumlah keyword di konten Anda.

Teknik meningkatkan komentar ini tidak akan membuat blog Anda terlihat seperti penuh spam, karena percakapan yang berlangsung benar-benar sedang terjadi.

Dengan berbagai keuntungan yang dapat dihasilkan oleh fitur komentar, tidak ada ruginya Anda menyediakan waktu untuk menulis komentar di blog orang lain dan milik Anda sendiri.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini