Awas, Link “Foto Luna Maya Mabuk Berat” Mencuri Password

Awas, Link “Foto Luna Maya Mabuk Berat” Mencuri Password

0 167

Hari Jumat (3/8/2012), pengguna internet di Tanah Air dikejutkan kabar beredarnya foto artis Luna Maya yang sedang mabuk berat dikelilingi dua orang laki-laki.

Foto yang awalnya beredar di akun Twitter @tyasmirasih, yang sudah di-hack itu, hanya memberikan info sekilas satu kalimat berikut link ke foto dimaksud. Ketika link tersebut di-klik, ternyata pengunjung tidak langsung menampilkan foto melainkan halaman baru yang meminta pengunjung memasukkan informasi akun Yahoo! Mail.

Namun, kalau diamati, ada yang aneh di halaman tersebut karena alamat web yang tertera bukanlah alamat Yahoo! melainkan 125mb.com.

“Berhati-hatilah karena link tersebut ternyata mengarah kepada sebuah halaman Yahoo! palsu yang berfungsi sebagai pancingan (phising) seolah-olah itu merupakan halaman asli,” demikian peringatan Salingsilang.com, situs pemantau komunikasi di jejaring sosial di Tanah Air, Jumat (3/8/2012).

Saat pengunjung memasukkan informasi login dan password Yahoo! Mail seketika akan dibawa ke halaman yang menampilkan foto tersebut. Ya benar di situ terlihat seorang perempuan dengan rok pendek tengah tertidur didampingi dua laki-laki yang sedang terkekeh. Luna Maya sendiri telah membantah itu fotonya.

Tanpa disadari ketika pengunjung memasukkan informasi login dan password untuk melihat foto “Luna Maya mabuk berat”, rupanya ia harus rela kehilangan akun Yahoo! Mail miliknya. Password yang diketik akan dikuasai hacker dan tidak dapat digunakan lagi untuk mengakses email.

Jadi, jangan sekali-sekali memasukkan informasi login dan password Yahoo! Mail di form yang disediakan halaman mencurigakan tersebut.

Namun, jangan khawatir. Jika akun Yahoo! Mail terlanjur diambil alih pihak tak bertanggung jawab itu, pengguna masih bisa mendapatkan kembali akses ke emailnya. Dengan syarat, email yang dimiliki sebelumnya telah didaftarkan dengan memenuhi syarat keamanan yang cukup. Misalnya mencantumkan secondary email atau nomor ponsel.

Antara lain dengan memilih lupa password, nanti pengguna akan diarahkan untuk menjawab pertanyaan kunci yang dibuat pertama kali saat mendaftarkan email tersebut. Selanjutnya Yahoo! akan mengirimkan password yang benar ke email kedua yang didaftarkan.


Kata Kunci:
* luna maya gambar luna maya *

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini