Ternyata Cara Orang Melihat Warna Tidaklah Sama

Ternyata Cara Orang Melihat Warna Tidaklah Sama

0 184

Sebuah penelitian terbaru membuat para ilmuwan percaya bahwa tidak semua orang melihat warna yang sama ketika mereka melihat benda serupa.

Meskipun ada pemahaman umum bahwa merah adalah warna yang sama seperti buah strawberry dan darah, beberapa orang ternyata melihat warna merah sementara yang lain melihatnya sebagai warna biru, menurut para ahli.

Hal ini terungkap setelah ilmuwan melakukan percobaan dengan monyet yang menunjukkan bahwa persepsi warna kita dibentuk oleh dunia luar, tapi tidak mengikuti pola yang telah ditentukan.

Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah ‘Nature’, ilmuwan warna dan penglihatan, Jay Neitz dari University of Washington, menyuntikkan virus kedalam mata monyet ‘yang memungkinkan hewan tersebut melihat warna merah, hijau dan kuning.

Hebatnya kelompok monyet tupai mampu memahami informasi baru meskipun otak mereka tidak secara genetik diprogram untuk merespon warna merah.

Hasilnya adalah bahwa hanya empat bulan kemudian para monyet bisa melihat warna secara penuh untuk pertama kalinya.

Teknik inovatif ini dipercaya dapat memungkinkan seorang yang buta warna dapat melihat warna selain hitam dan putih, dan mengembalikan penglihatan untuk orang buta di masa depan nanti.

Yang paling penting adalah monyet-monyet ini disuntik dengan gen manusia, menunjukkan bahwa teknik yang sama kemungkinan besar akan bekerja pada manusia.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa meskipun otak manusia cenderung berperilaku sama ketika mereka lahir, namun neuron tidak dikonfigurasi untuk menanggapi warna dengan cara standar.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini