Penyebab Sulit Tidur

Penyebab Sulit Tidur

0 99

Malam merupakan waktu yang tepat untuk memberi istirahat pada tubuh dan pikiran setelah digunakan untuk beraktivitas seharian. Ketika orang tidak bisa tidur, seringkali mereka mengira dirinya terserang insomnia. Namun sebenarnya ada beberapa alasan yang menjadi pemicunya sehingga menjadi sulit tidur.

Tidur memang baik untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran untuk bisa kembali siap menghadapi aktivitas di esok hari yang sudah menanti. Walau begitu, tidak jarang pula orang harus bisa berjuang keras untuk terlelap di kala malam. Simaklah beberapa alasan berikut yang menyebabkan orang menjadi sulit tidur, seperti dilansir oleh Psychologytoday.

Detak suara jam
Terkadang suara jam yang berdetak di kamar membuat sesorang merasa terganggu karena berisik. Terlelbih ketika mereka terbangun dan melihat bahwa waktu yang tersisa untuk tidur tidaklah banyak, mereka menjadi lebih sulit lagi untuk tidur sehingga waktu tidurnya menjadi sedikit.

Efek kafein jangka panjang
Efek kafein yang bereaksi pada tubuh manusia tentu berbeda. Rata-rata efek dari kafein ini sekitar 5 jam, namun ada pula yang berlangsung selama 7-10 jam. Kondisi seperti ini membuat kafein tetap berada dalam dalam walaupun minuman berkafein tersebut sudah dikonsumsi sejak siang atau sore.

Foto Penyebab Sulit Tidur sulit tidur  insomnia 278x3673

Merokok
Merokok sudah terbukti tidak baik untuk kesehatan. Perokok berat pun ternyata bisa memiliki masalah tidur di malam hari. Kandungan nikotin dalam rokok memiliki efek merangsang sistem saraf, namun karena nikotin dalam darah berkurang sepanjang malam, maka terjadilah efek penarikan yang membuat otak menjadi terbangun sekitar 15-20 kali lebih sering.

Pikiran
Perasaan cemas, stres, dan depresi juga mampu membuat seseorang menjadi sulit tidur dengan baik dan nyenyak. Banyak hal yang berkecamuk di dalam pikiran tanpa mendapatkan jalan keluar mengambil waktu istirahat otak Anda. Ketika mengalami hal tersebut, cobalah melakukan relaksasi atau seuatu kegiatan yang bisa menenangkan pikiran, seperti yoga.

Kondisi lingkungan
Penyebab seseorang sulit untuk tidur tidak hanya berasal dari dirinya sendiri, namun juga dari lingkungan sekitar. Udara yang terlalu dingin atau panas, cahaya ang terlalu terang, atau suara yang terlalu berisik dari luar bisa membuat orang tidak bisa tidur dengan baik.

Sakit
Alasan lain seseorang menjadi sulit tidur adalah tubuh yang sakit. Beberapa penyakit fisik seperti artritis, sakit punggung, sakit kepala, atau sakit gigi mampu membuat seseorang merasa tidak nyaman dan akhirnya membuatnya tidak bisa tidur. Jika penyakit tersebut sudah sangat menggangu, segeralah konsultasikan ke dokter dan minta penanganan secepatnya.

Tidur adalah hal terbaik untuk memanjakan tubuh dan pikiran, dengan waktu tidur yang baik maka Anda pun akan selalu siap kembali menyambut hari sejak pagi dengan kondisi yang segar dan bersemangat.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini