Konsumsi Buah dan Sayuran di Bulan Puasa Sangat Penting ?

Konsumsi Buah dan Sayuran di Bulan Puasa Sangat Penting ?

0 160

Tiba lagi sekarang ini saatnya bulan puasa. Setiap orang akan ramai beribadah dan menjalankan aktifitas yang berhubungan dengan bulan Ramadhan ini. Namun, dengan padatnya aktifitas kita sehari – hari, kita juga dianjurkan untuk menjaga pola makan kita agar tidak sakit dan tubuh tetap fit. Maka dari itu penting bagi tubuh kita untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran ketika berbuka dan sahur. Selain itu menjalankan ibadah puasa, kondisi badan harus selalu dijaga agar dapat beribadah dengan baik.

“Konsumsi sayur dan buah-buahan dianjurkan saat buka dan sahur. Menu yang dianjurkan saat berbuka ialah jus buah, konsumsi kurma, disertai konsumsi sayur-sayuran. Tidak hanya saat berbuka saja, saat sahur pun harus serupa, perbanyak sayur dan buah,” tutur Dr. Ari Fahrial Syam, Praktisi Klinis, RSCM saat dihubungi Okezone, Jumat (20/7/2012).

Dokter Ari menjelaskan, kebiasaan untuk memperbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan serat dalam tubuh.

“Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung serat, mineral, vitamin, antioksidan dan karbohidrat kompleks, untuk kacang-kacangan bahkan juga mengandung protein nabati. Mengonsumsi rutin, fungsinya untuk mencegah dehidrasi agar tubuh tidak lemas, pencernaan sehat, BAB lancar, dan tidak ada masalah perut. Sehingga menjalani semua ibadah di bulan Ramadan dapat lebih lancar dan khidmat.